Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Sebutan Nama-Nama Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah surat yang di baca saat sholat, dan tahukah anda bahwa surat al-fatihah mempunyai nama-nama lain. Nah berikut adalah 4 nama surat al-fatihah :

1.    Fatihatul Kitab

Di namakan sebagai fatihatul kitab di karenakan al-fatihah menjadi  pembuka bacaan dalam shalat dan pembuka susunan mushaf al-Qur’an  secara tertulis.

2.    Ummul Qur’an

Di namakan sebagai ummul qur’an karena al-fatihah lebih di dahulukan dari semua surat dalam al-Quran. Semua surat selain al-fatihah diakhirkan. Baik tulisan maupun bacaanya. Definisi ini menyerupai nama yang pertama yaitu fatihatul kitab.

3.    Ummul Kitab

Menurut mayoritas ulama, penamaan ini berasal dari anas r.a. adapun al-hassan dan ibnu sirin menyangkal penamaanya dengan ummul kitab, karena menurut mereka ummul kitab adalah al-Lauhul mahfuzh.

Akan tetapi, penamaan ini di sebutkan dalam hadits shahih dari nabi SAW yang artinya :
“Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin (segala puji bagi allah, Rabb semesta alam),  (suratnya adalah) Ummul Qur’an, Ummul Kitab, as-sab’u al-matsani dan al-Quranul’Azhim.”
(HR. Al-Bukhari dari Abu Hurairah r.a )
Di namakan umul kitab karenakan  surat  ini adalah induk kitab dan didahulukan dari surat-surat yang lain.

4.    As-sab’u al-matsani

Dinamakan as-sab’u karena alfatihah ada 7 ayat. Tidak ada perbedaan pendapat  di kalangan ahli qiraat dan ulama dalam masalah ini.
Akan tetapi , yang di perselisihkan adalah masalah ayat-ayat  yang menyusunnya .  ada yang berpendapat bahwa al-fatihah ada 7 ayat , termasuk ayat bissmillahirrahmanirrahim.

Al –fatihah dinamakan al-matsani  karena bacaannya  diulang-ulang dalam shalat baik dalam shalat wajib maupun shalat sunnah. (Tafsir ath-Thabari 1/105)

Nah di atas adalah nama-nama sebutan al-fatihah, tulisan ini saya kutip dari sebuah majalah muslimah  yaitu majalah qonitah edisi 02/vol.01/1434Hh-2013M website(www.qonitah.com)  dengan maksud dan tujuan menyebar luaskan pengetahuan tentang islam.  semoga bermanfaat dan mohon koreksinya jika terdapat kesalahan penulisan 

Posting Komentar untuk "4 Sebutan Nama-Nama Surat Al-Fatihah"