Friday, November 29, 2013

Pengertian Budaya Selingkuh Di Indonesia


Kata Selingkuh berasal dari bahasa jawa yang artinya perbuatan tidak jujur atau sembunyi-sembunyi; atau menyembunyikan sesuatu yang bukan miliknya. Termasuk maknamnya pula adalah perbuatan serong.

Meskipun demikian istilah selingkuh di indonesia memiliki makna khususu yaitu “Hubungan Gelap” atau hubungan seseorang yang sudah bersuami atau sudah beristri dengan pasangan lain.
Sedagkan di wikipedia Indonesia disebutkan bahwa selingkuh atau perselingkuhan adalah ubungan individu , baik ria maupun wanita baik yang sudah menikah maupun yang belum menikah, dengan orang lain yang bukan pasangannya.

Selingkuh Di Indonesia

Memang harus di akui , budaya selingkuh di indonesia semakin menggejala di tengah masyarakat dan sedikit demi sedikit semakin mendapatkan ruang yang leluasa, terutama dengan adanya kemajuan  sarana informasi dan komukasi  . selingkuh semacam tren di masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Hal ini lebih di perjelas dengan banyaknya lagu-lagu tentang selingkuh  seperti lagunya merpati band “ tak selamanya selingkuh itu indah” dari judulnya kita dapat ambil sebuah oint bahwa banyak orang menganggap selingkuh itu indah tanpa memikirkan dampak lainya baik di agama maupun di masyarakat sosial, bagaimana perasaan kita ketika tahu bahwa pujaan atau pasangan kita pergi dengan orang lain menjalin sebuah hubungan asmara hingga melakukan tindakan yang tidak seharusnya, menyakitkan bukan ???

Tingkat perselingkuhan di indonesia sendiri tergolong tinggi, hal ini di buktikan enurut data statistik dari direktorat jendral  pembinaan peradilan agama, selingkuh telah menjadi virus keluarga peringkat keempat. Pada 2005 misalnya , ada 13.779 kasus perceraian yang bisa di kategorikan akibat selingkuh; 9.071 Karena gangguan pihak ketiga  dan 4.708 akibat cemburu. Jumlahnya mencapai 916% dari 150.395 kasus perceraian.

Artinya, dari 10 kasus keluarga bercerai satu di antaranya adalah karena selingkuh . dan rata-rata setiap dua jam ada 3 pasangan  suami istri yang bercerai akibat/ gara-gara selingkuh.

Perselinhgkuhan ini di prediksi akan naik hal ini di karenakan “Banyak Tokoh Yang melakukanya” bahkan kita lihat akhir-akhir ini banyak koruptor yang mempunyai isteri lebih dari satu.
“Selingkuh adalah Fenomena tidak sehat bangsa ini. Selingkuh itu zina” sayang, selingkuh sendiri kerap di plesetkan sebagai akronim dari “Selingan Indah Keluarga Utuh”
Wallahul mustaa’an
 (dikutip dari majalah qonitah edisi 02/vol.01/1434H-2013M dengan penyuntingan menurut gaya penulis)