Saturday, November 30, 2013

Hukum Sinar Istimewa Pada Cermin Cembung

Nusaline.com - Cermin cembung, di Fisika pasti kita tidak asing dengan istilah cermin, ada banyak jenis cermin dan salah satu di antaranya adalah cermin cembung. Cermin cembung memiliki sifat yang dapat menyebarkan cahaya (divergen). Sehingga , jika terdapat berkas berkas cahaya sejajar mengenai permukaan cermin cembung, maka berkas-berkas cahaya pantulnya akan disebarkan dari satu titik yang sama.


Pada cermin cembung berlaku hukum pemantulan sinar istimewa, hukum apa saja yang berlaku pada pemantulan sinar istimewa cermin cembung? berikut jawabanya :


1. Berkas sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus (F).

2. Berkas sinar datang menuju titik fokus (F) akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.

3. Berkas sinar datang menuju pusat kelengkungan (P) akan dipantulkan kembali seolah-olah berasal dari pusat kelengkungan (P).

4. Berkas sinar datang dengan arah sembarang akan dipantulkan sedemikian sehingga sudut datang sama dengan sudut pantul.

Untuk membentuk bayangan sebuah benda yang terletak di depan cermin cembung, kita cukup menggunakan 2 buah berkas sinar istimewa di atas. Bayangan benda pada cermin cembung selalu berada antara titik O dan F.