Thursday, December 5, 2013

Pengertian 10 Dosa Besar Yang Harus dihindari Seorang Muslim

Mungkin kita memang sering mendengar istilah dosa, lalu Apakah pengertian dari dosa itu? Secara singkat, definisi Dosa adalah melanggar hukum Allah. Bisa di sebut juga Dosa adalah dampak dari pelanggaran ajaran agama yang dilakukan dengan sengaja, sadar dan tidak ada paksaan atau dapat dikatakan bahwa dosa adalah buah dari tidak menjalankan perintah Allah serta tidak menjauhi larangan - larangan-Nya.
Lalu apa yang di maksud dengan dosa besar? dosa besar adalah suatu pelanggaran terhadap perintah dan larangan-Nya yang menimbulkankerugian dan kerusakan terhadap orang lain dan bersifatbesar.

Allah SWT tidak suka terhadap hamba-Nya yang berbuat dosa. Oleh karena itu pelaku dosa diancam oleh Allah SWT dengan hukuman baikwaktu masih berada di dunia terlebih lagi di akhirat. Hukuman di dunia bisa berupa musibahbinasa dan di akhirat berupa siksaan api neraka yang sangat dahsyat.10 Dosa Besar Harus dihindari
1. Syirik dan Menyekutukan Allah

2. Meninggalkan Shalat

3. Durhaka Kepada Orangtua

4. Zina dan Mendekati Zina

5. Harta Haram dari Rezeki yang Haram

6. Minum-minuman Keras, Judi, Narkoba

7. Memutus Silaturahim

8. Menuduh Orang Berzina, Saksi Palsu, Berbohong

9. Kikir atau Pelit

10. Gosip, Ghibah atau Bergunjing

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kedua orang tua kami, Ya Allah, ampunilah dosa muslimin dan muslimat, mu’minin dan mu’minat, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggalkan kami.