Tuesday, December 17, 2013

Pengertian Pengelompokan Unsur Menurut Lavoiser

Pada tahun 1789 ,Antonie Lavoiser mengel ompokan 33 unsur kimia. Pengelompokan unsurk kimia tersebut berdasarkan siat kimianya. Unsur-unsur kimia dibagi menjadi  4 empat kelompok,  yaitu gas, tanah, logam dan nonlogam. Pengelompokan ini masih terlalum  umum karena  ternyata  dalam kelompok unsur logam masih terdapat berbagai  unsur yang memiliki sifat berbeda.
Unsur gas yang di kelompokan oleh Lavioser adalah cahaya, kalor, oksigen, azote (nitrogen), dan hidrogen . unsur-unsur yang tergolom Nonlogam adalah sulfur, fosfor, karbon, asam klorida, asam fluorida dan asam borak. Adapun unsur-unsur logam adalah antimon, perak, arsenik, bismuth, kobalt, tembaga, timah, besi, mangan, raksa, molibdenum, nikel, emas, platina, timbel, tungsten, dan seng. Adapun yang tergolong unsur tanah adalah kapur, magnesium oksida, barium oksida, alumunium oksida, dan silikon oksida.
Tambahan : Pengelompokan Unsur  menurut Antonie Lavoiser di atas bersumber  dari buku cerdas belajar Kimia untuk kelas X SMA-SMK yang diterbitkan oleh grafindo media pratama.