Sunday, December 8, 2013

Tips Jitu Lolos Menghadapi Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Tips Jitu Untuk Lolos Wawancara Kerja

Saat interview kerja, kebanyakan pertanyaan yang di ajukan adalah mengenai kepribadian kita. Meskipun pada dasarnya pertanyaan dan jawabannya ada pada diri kita sendiri. Tapi bagi seorang fresh graduate pertanyaan seputar kepribadian ini rasanya cukup sulit dan membingungkan, tidak jarang atau bahkan yang terjadi adalah sering menjawab dengan jawabanya yang tidak sinkron.

Salah satu pertanyaan yang sering di pertanyakan oleh HRD adalah
"Sebutkan Kelebihan Dan Kekurangan anda?" mungkin anda pernah menemui pertanyaan yang seperti ini??

Nah kalau ada pertaanyaan yang seperti ini, berhati-hatilah dalam menjawab, jangan sampai terperangkap oleh jawaban kita sendiri, (biasanya jika bohong mudah di ketahui dari pernyataan kita disini) misal kita bilang kelebihan saya jujur, baik, santun, disiplin dll. Sedangkan kekurangan saya adalah lawan dari kebaikan kita, yaitu kelemahan saya adalah suka bohong, sering tawur, dll. Tapi kita pasti tahu tidak akan melakukan hal konyol ini. Dengan menyebutkan kekurangan kita dengan hal yang wajar-wajar saja.

Tapi sayang, tidak mudah mengelabuhi penginterview apalagi jika kita seorang pembohong misal jika jawaban dari kelebihan saya adalah disiplin, jujur dll.

Nah Kalau ada jawaban seperti itu biasanya hrd akan melihat catatan rapport kita, kalau ada banyak bolosnya di raport, alamatlah kita wkwk dan masih banyak lagi jebakan lainnya, yang paling vital adalah tentang kejujuran, karna bila bohong sekali, harus ada kebohongan lainnya untuk menutupi kebohngan pertama, dan bohong lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya, begitu seterusnya. Akan sangat memalukan jika ketangkap basah bohongnya wkwk.

Kalau tips saya jika ada pertanyaan seperti ini, jawab aja
kelebihan saya adalah "selalu ceria buuu. ." (sambil pasang wajah imud abad 21.wkwk) dan kekurangan saya adalah tidak pernah galau. Wkwkwk

just4fun cuy,