Sunday, January 26, 2014

Pengertian Cara Beternak Lele Cepat Besar Biaya Murah

Lele akhir-akhir ini cukup ramai di pasaran, lantaran harganya yang cukup ekonomis dan mempunyai rasa yang cukup nikmat. Dan akhirnya banyak oran yang membuat usaha sampingan dengan beternak ikan lele skala rumahan.

Saya sndiri adalah seorang pecinta ikan lele. Saya kenal ikan lele sejak duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu hanya bak mandi yang saya jadikan kolam peternakan lantaran tidak punya kolam dan tentunya karena masih sangat anak-anak orang tua saya menganggap kalau ah dia masih anak-anak paling Cuma suka untuk di jadikan mainan. Ungkin seperti itu pemikiran orang tua saya kepada saya.
Kembali ke topik. Semasa masih remaja saya beternak ikan lele dengan penuh kasiih sayang. Saya rutin memberikan makan ikan lele 3 kali dalam sehari. Yaitu, pagi hari saat baru bangun tidur, siang setelah pulang sekolah dan sore saat menjelang sholat maghrib.

Walau sudah diberi makan secara teratur dan rutin setiap hari tapi nyatanya ikan lele kesayanganku tidak  juga cepat tumbuh besar. Mungkin gizi yang terkandung dalam pakan ikan lele (pelet) kurang. Aku berinisiatif membuat makanan tambahan pada ikan lele agar ikan lele bisa cepat tumbuh besar.  Pernah saya memberikan cacing tanah yang besar-besar yang saya dapat dari kebun. Ikan lele cukup senang dengan cacing tanah itu.

Namun masalahnya kalau setiap hari di carikan cacing lama-lama tanah di pekarangan bisa hilang kesuburannya karena cacing tanahnya di buru. Lalu pernah juga ikan lele aku berikan makanan ulat daun pisang. Yang tidak menjijikan dan merupakan hama daun. Ikan lele sangat suka juga dengan ulat daun ini, nah yang ini sangat mutualisme pasalnya ulat daun kan merugikan dan kalau diburu maka akan menguntungkan pohon pisang  namun bermanfaat bagi pakan ikan lele.

Kedua hewan yang menjadi makanan tambahan ikan lele tersebut sebenarnya sangat berperan dalam mempercepat pertumbuhan ikan lele namun jumlah mereka cukup terbatas.  Lalu bagaimana cara beternak ikan lele yang cepat tumbuh besar dan cepat panen dengan biaya yang lebih murah ?
Kalau beternak ikan lele untuk penghasilan tambahan, bisa memanfaatkan kodok percil sebagai makanan tambahan ikan lele. Kodok ini mudah di dapat di pesawahan dan jumlahnya sangat banyak. Ikan lelepun sangat suka dengan makanan yang satu ini. Dan kodok terbukti bisa mempercepat pertubuhan ikan lele dan dengan cara mendapatkan kodok percil yang secara gratis maka makanan tambahan ini bisa menekan biaya pakan ikan lele tersebut.

Ada yang lebih efisien lagi dalam beternak lele yang cepat tumbuh besar dan dengan biaya beternak yang lebih terjangkau. Beternak lele dipadukan dengan beternak ayam. Bagaimana bisa? Ya. Dalam beternak ayam sangat mungkin sekali terjadi kematian pada ayam-ayam ternak tersebut. Dan ayam yang mati bisa kita bakar lalu di jadikan pakan bagi ikan lele. Silahkan dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.