Friday, December 16, 2016

Pengertian Cara Cepat Mencari Informasi Pada Buku Bacaan

Buku bacaan memberikan banyak sekali informasi-informasi penting. Banyaknya informasi yang dimuat tersebut seringkali menumpuk dan membuat buku menjadi sangat tebal. Tebalnya buku dan banyaknya informasi terkadang justru membuat kita kesulitan menemukan informasi yang kita inginkan dalam buku tersebut. Untuk mensiasati kesulitan-kesulitan itu, berikut ini cara saya mencari informasi spesifik pada buku bacaan dengan cepat.

Cara Cepat Mencari Informasi Dengan Melihat Daftar Isi Buku


Daftar isi adalah lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman. Daftar isi biasanya kita jumpai di halaman bagian depan suatu buku. Di dalam daftar isi biasanya akan dimuat pokok-pokok bahasan dan sub bahasan. Dengan melihat daftar isi inilah kita dapat menemukan informasi spesifik yang kita inginkan berada pada pokok bahasan apa dan halaman berapa. Dengan begitu kita lebih mudah dan cepat menemukan informasi spesifik yang kita inginkan.

Cara Cepat Mencari Informasi Dengan Melihat Indeks Buku
Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pd bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan. Halam indeks berbeda dengan daftar isi. Jika didaftar isi kita disuguhkan pokok dan sub pokok bahasan yang masih sangat luas, pada halaman indeks ini kita disuguhkan dengan informasi istilah-istilah tertentu yang disusun berdasarkan abjad beseta halaman istilah tersebut berada. Halaman ini lebih membantu kita dalam mencari informasi yang kita inginkan dalam suatu buku karena yang disajikan langsung dalam istilah atau informasi spesifik.