Wednesday, December 21, 2016

Unsur Kimia

Unsur (Kimia) adalah zat yang paling sederhana dan tidak dapat dibagi/diurai lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui cara-cara kimia biasa. Unsur-unsur didapatkan dalam berbagai wujud, yang mana dapat berupa atom, ion, ataupun senyawa. Suatu unsur dapat memiliki beberapa isotop dengan nomor atom yang sama. Saat ini terdapat sekitar 110 unsur yang telah dikenali. Unsur-unsur yang terdapat secara alami di alam disebut sebagi unsur alami, sedangkan unsur-unsur yang dibuat oleh ilmuwan disebut sebagai unsur buatan. Pada mulanya unsur dikelompokkan berdasarkan unsur logam dan unsur non-logam. Saat ini unsur telah dikelompokkan secara sistematis dalam bentuk Tabel Periodik Unsur.

Di dalam tabel periodik unsur, unsur diklasifikasikan ke dalam beberapa golongan dan periode. Setiap golongan unsur dalam tabel periodik memiliki nama-nama khas sesuai unsur yang menempati golongan tersebut, seperti pada unsur golongan 1A yang disebut dengan golongan alkai. Pengelompokkan ini didasarkan atas kemiripan sifat, baik sifat atom dan senyawaanya. Pelambangan unsur-unsur dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang abjad yang mewakili nama-nama unsur tersebut. Huruf pertama lambang unsur selalu huruf kapital, sedangkan huruf kedua biasanya dengan huruf bukan kapital.Suatu unsur dapat bereaksi dengan satu atau lebih unsur lainnya membentuk senyawa.  Contoh unsur antara lain: Fe (Ferrum) besi, Au (Aurum) emas, At (Astatin) astatin, O (Oksigen).

Menurut teori yang masih diterima sampai saat ini, unsur yang pertama kali terbentuk adalah hidrogen dan helium. Hidrogen dan helium terbentuk sesaat setelah big bang. Di alam, kelimpahan unsur hidrogen dan helium merupakan yang paling besar.Semua zat dialam ini tersusun atas unsur-unsur. Suatu unsur dapat berikatan dengan unsur yang lain membentuk senyawa. Misal air(H2O), Natrium Klorida (NaCl), Karbondioksida (CO2) dan lain sebagainya.

Daftar Bacaan:
chang, R. 2004. Kimia Dasa: Konsep-konsep inti jilid 1, edisi ketiga. Jakarta: Penerbit erlangga
effe