Thursday, June 28, 2018

Receh

Beberapa waktu lalu sempat muncul istilah viral yang menghiasi beranda sosial media terkait dengan bercandaaan atau humor, yaitu kata receh. Lalu, apa sebenarnya arti atau maksudnya humor receh itu? Apa arti kata receh dalam bahasa gaul? Berikut penjelasannya.

Pengertian Humor dan Receh

Humor secara umum adalah lucu. Menurut Kamus besar bahasa Indonesia, humor diartikan sebagai sesuatu yang lucu; keadaaan yang menggelikan, jenaka atau kelucuan. Sedangkan Receh adalah istilah untuk menyebutkan uang pecahan, uang kecil dari kertas atau logam. Namun, istilah ini digunakan oleh anak-anak muda sebagai istilah gaul baru dalam sebuah joke atau candaan. Receh digunakan dalam suatu lawakan atau humor. Receh sendiri dalam kamus gaul memiliki beberapa arti dalam beberapa referensi. Receh diartikan sebagai garing yang digunakan untuk menjustifikasi lelucon yang dibawakannya tidak lucu. Receh juga diartikan  murahan. Namun yang paling banyak dipahami receh itu berarti humor simpel tapi lucu, kadang juga lucu banget. Kata receh ini sangat sering digunakan dalam humor di sosial media seperti twiter, kadang sampai dibuatkan hastag tentang receh oleh netizen. bebera hastag yang sering muncul antara lain recehkantwitter, recehkanpilpres dan sebagainya.

Fenomena Pemaknaan Istilah Baru Seperti Receh

Beberapa waktu terakhir muncul fenomena baru dimana banyak sekali anak-anak muda pengguna sosial media memunculkan istilah baru, istilah yang sebelumnya tidak ada, atau bahkan istilah yang sudah ada kemudian dimaknai dengan arti yang berbeda, seperti pemaknaan istilah receh baru-baru ini. Fenomena ini tidak lain karena kreatifnya netizen +62, ada-ada saja cara bagi netijen untuk menyikapi sesuatu dengan hal diluar dugaan. Hasilnya kita menjadi lebih kaya bahasa, meskipun tidak menutup kemungkinan ini juga berpotensi  mencul masalah baru. Semoga lebih banyak positifnya ya.