Saturday, June 2, 2018

Pengertian Stoikiometri

Apa Itu Stoikiometri?

Stoikiometri adalah ilmu yang mempelajari tentang penetapan perbandingan kuantitas dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia. Dengan stoikiometri memungkinkan kita untuk mengetahui banyaknya suatu reaktan yang di butuhkan dalam suatu reaksi untuk menghasilkan sejumlah produk tertentu atau jumlah produk yang akan di hasilkan dalam suatu reaksi dengan sejumlah reaktan tertentu. 

Pada stoikiometri ini juga dibutuhkan pengetahuan tentang massa molar dan konsep mol sebagai pendukungnya. Selain itu juga harus paham tentang persamaan kimia. Dalam stoikimetri ini juga akan dikenal suatu pereaksi pembatas yaitu reaktan yang pertama kali habis bereaksi dalam suatu reaksi kimia. Pereaksi pembatas akan membatasi jumlah produk yang dapat dibentuk. selain itu juga akan dikenal suatu pereaksi berlebih yaitu reaktan yang memiliki jumlah lebih banyak dari yang dibutukan untuk bereaksi dalam suatu reaksi dengan sejumlah tertentu pereaksi pembatas. 
Dengan stoikometri ini maka dapat mengetahui jumlah reaktan yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk tertentu yang diinginkan sehingga dapat mengurangi kerugian akibat berlebihnya suatu reaktan yang tersisa