Pengertian Saltik, Salah Tik Adalah Typo

Pengertian Saltik
Kesalahan Cetak Atau Saltik

Typo merupakan kependekan dari typographical yang artinya kesalahan cetak. Padanan kata typo adalah saltik, atau salah tik. Apa itu typografi dan apa arti saltik? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Saltik?

Pengertian saltik adalah akronim dari salah tik atau salah ketik yaitu terjadinya kesalahan saat mengetik. Saltik merupakan salah satu kata baru yang ditambahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Bagaimana Saltik Bisa Terjadi?

Saltik biasanya terjadi karena kesalahan dalam menekan tombol huruf baik saat menulis menggunakan mesin tik, komputer, atau sekedar pesan singkat/chat di ponsel.

Kesalahan terjadi misal ingin menulis kami tapi pada huruf terakhir yaitu i salah menekan huruf u sehingga text yang tertulis menjadi kamu dimana ini terjadi karena huruf i dan u pada papan ketik saling berdekatan.

Kesalahan satu huruf ini juga berakibat pada berubahnya makna kata/arti kata yang ditulis. Saltik ini merupakan padanan kata dari istilah typo yang sebelumnya banyak digunakan untuk menyebutkan kesalahan dalam mengetik.

Pengertian Typo

Typo adalah kependekan dari istilah typo graphical error yang artinya kesalahan penulisan/cetak. Typo ini biasanya dapat terjadi karena kesalahan menekan huruf pada keybord atau papan tik. Misal dalam menulis pesan singkat atau chat melalui ponsel yang pada awalnya ingin menulis kamu akan tetapi pada huruf terakhir salah pencet huruf i jadinya kata kamu berubah menjadi kami yang kemudian ini membuat arti atau maknanya menjadi berubah dan berbeda.

Typo ini dapat terjadi saat menulis menggunakan mesin tik, komputer atau ponsel yang biasa digunakan untuk menulis pesan singkat sms. Typo dalam ponsel sepertinya yang paling banyak terjadi karena di masa seperti saat ini ponsel menjadi alat komunikasi yang sering digunakan entah itu di aplikasi chat atau pesan singkat sehingga sering terjadi typo di aplikasi pesan singkat seperti di bbm, typo di wa dan sebagainya.

Salah satu penyebab yang berakibat pada terjadi typo adalah ukuran jari yang lebih besar dari pada papan ketik. Padanan kata untuk istilah typo dalam bahasa indonesia adalah saltik yaitu salah tik atau salah ketik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel