Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Preposisi: Penggunaan In On At dalam bahasa Inggris


Glosaria.com - Pernahkan kamu bingung bagaimana menggunakan kata penghubung “in”, “on”,“at” dalam Bahasa Ingris yang benar? Kalau kamu pernah bingung gimana cara menggunakan in on at yang bekerja dalam suatu kalimat dengan benar, berarti kita sama. Hehe. Atas alasan itulah saya menulis sembari belajar.

Pengertian Preposisi

Kata penghubung in, on, dan at itu disebut juga dengan preposisi. Apa itu preposisi? Preposisi dapat dikatakan sebagai kata hubung yaitu kata depan yang digunakan untuk menghubungkan kata-kata atau frasa dalam suatu kalimat. Nah, dalam kaidah Bahasa Inggris, preposisi yang paling umum digunakan itu ada 3 yaitu "in," "on," dan "at".

Preposisi in, on, at ini sering digunakan untuk menunjukkan tempat, waktu, atau situasi. Namun, penggunaan preposisi ini bisa membingungkan bagi banyak orang, kenapa? Karena setiap preposisi ini punya aturannya masing-masing.

Nah, bagaimana penggunaan preposisi in on at yang benar dalam kalimat bahasa Inggris berikut hasil yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Preposisi Tempat

Penggunaan preposisi in, on dan at untuk menyatakan tempat, kita bisa bedainnya bisa seperti berikut ini:

  • In: penggunaan in digunakan untuk menyatakan tempat umum atau yang lebih luas seperti negara, kota, lingkungan. Preposisi "in" juga sering digunakan untuk menyatakan tempat, bagian dalam suatu area, atau kegiatan yang sedang berlangsung di suatu tempat. Contoh: in Indonesia, in Jogja, in Kampung lele
  • On: berbeda dengan in, on digunakan untuk menyatakan tempat yang lebih spesifik seperti menunjukkan jalan ataupun transportasi. Preposisi "on" digunakan untuk menyatakan posisi atau lokasi suatu objek yang berada di atas atau menempel pada permukaan suatu benda atau tempat tertentu. Contoh: on Pemuda street, on bus, on java island.
  • At: nah kalau untuk at ini digunakan untuk menyatakan tempat yang detail atau lengkap. Preposisi "at" digunakan untuk menyatakan lokasi atau tempat di mana seseorang berada atau di mana suatu peristiwa terjadi. Misalnya at Pemuda Street No. 45, at home dsb.

 

Preposisi Waktu

Preposisi ini juga digunakan untuk menyatakan waktu. Penggunaan in on at pun hampir sama dengan penggunaan di preposisi tempat tadi.

Berikut penggunaan preposisi waktu yang biasa digunakan:

  • In: Ini digunakan untuk menyatakan waktu yang umum seperti tahun, bulan, atau bagian dari hari. Contoh in the morning, in June, in 1993. 
  • On: digunakan untuk menyatakan waktu yang lebih spesifik seperti tanggal, hari dalam bulan, hari dalam minggu. Preposisi "on" juga digunakan untuk menyatakan hari, tanggal, atau bagian dari suatu hari. 
  • At: at ini digunakan untuk menyatakan posisi tempat spesifik, misalnya lets meet father at the hotel.

Posting Komentar untuk "Preposisi: Penggunaan In On At dalam bahasa Inggris"