Glosarium Online Bahasa Indonesia - Pengertian, Arti, Definisi

Friday, December 1, 2017

Siklon Tropis

Siklon tropis adalah badai dengan kekuatan yang besar dengan radius rata-rata mencapai 150
hingga 200 km. Siklon tropis tumbuh di perairan di sekitar daerah tropis. Daerah pertumbuhan siklon tropis mencakup Atlantik Barat, Pasifik Timur, Pasifik Utara Bagian Barat, Samudera Hindia Bagian Utara Dan Selatan, Australia dan Pasifik Selatan.
Siklon tropis terbentuk di atas lautan yang umumnya memiliki suhu permukaan air laut hangat. Kadangkala di pusat siklon terbentuk mata siklon yang memiliki diameter bervariasi
dari 10 sampai 100 km. Masa hidup suatu siklon tropis rata-rata berkisar antara 3 hingga 18 hari. Siklon tropis akan melemah atau punah ketika bergerak atau memasuki wilayah perairan yang dingin atau daratan dikarenakan energi didapatkan dari lautan hangat.
Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah. Jika terbentuk di Samudra Pasifik disebut “badai tropis” atau “hypoon”. Jika terbentuk di sekitar India atau Australia disebut “siklon” atau “cyclone”, dan disebut “hurricane” jika terbentuk di Samudra Atlantik. Siklon tropis di Indonesia yang pernah terbentuk diberi nama siklon tropis durga, siklon tropis anggrek, siklon tropis bakung, siklon tropis cempaka, siklon tropis dahlia.