Pengertian Permeat dan Retentat

Permeat dan retentat merupakan istilah dalam teknologi pemisahan menggunakan membran. Secara umum, pada proses pemisahan dengan membran menghasilkan dua aliran, yaitu permeat dan retentat. Permeat adalah bagian yang dilewatkan oleh membran (hasil yang diinginkan) sedangkan retentat adalah bagian yang ditahan oleh membran (hasil sisa).

Pengertian Permeat

Permeat atau dalam bahasa inggris permeate artinya menyerap, meresap, merembes, menembus. Dalam teknologi pemisahan dengan membran, arti permeat adalah hasil pemisahan yang diinginkan, yaitu bagian yang dilewatkan oleh membran (melewati membran) dalam proses pemisahan dengan membran. secara umum, pada proses pemisahan dengan membran menghasilkan dua aliran, yaitu permeat dan retentat. permeat adalah bagian yang dilewatkan oleh membran (hasil yang diinginkan) sedangkan retentat adalah bagian yang ditahan oleh membran (hasil sisa).

Pengertian Retentat

Retentate adalah kebalikan dari permeate. Retentat adalah hasil sisa, yaitu bagian yang ditahan oleh membran dalam proses pemisahan dengan membran. secara umum, pada proses pemisahan dengan membran menghasilkan dua aliran, yaitu retentat dan permeat. Retentat adalah bagian yang ditahan oleh membran sedangkan permeat adalah bagian yang melewati membran.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Permeat dan Retentat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel