Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hidrasi di Kimia

Pengertian Hidrasi

Hidrasi adalah proses sewaktu ion atau molekul air tersusun secara spesifik. Hidrasi terjadi dalam larutan dimana air merupakan pelarut yang sangat baik untuk senyawa-senyawa ionik. Air dengan rumus molekul H2O merupakan senyawa netral namun memiliki kedua ujung yang bermuatan poitif pada atom H dan bermuatan negatif pada atom O. Ketika senyawa ionik larut dalam air maka akan terbentuk larutan dengan ion bermuatan positif (kation) dan ion bermuatan negatif (anion) terpisah, seperti pada senyawa ionik NaCl ketika larut dalam air maka dalam larutan akan terdiri dari ion Na+ dan Cl-. Ion Na+ akan dikelilingi molekul air yang ujung negatifnya, atom O mengarah ke kation Na, sebaliknya pada ion Cl- akan dikelilingi molekul air yang ujung positifnya mengarah pada anion Cl. Hidrasi ini dapat membantu menstabilkan ion-ion yang terbentuk dalam larutan dan mencegah kedua ion bermuatan positif (kation) dan ion bermuatan negatif (anion) bergabung kembali. Dalam kamus besar bahasa iondonesia, hidrasi didefinisikan sebagai penggabungan dengan molekul air. Hidrasi berbeda dengan dehidrasi, dimana dehidrasi adalah pengeluaran molekul air dari suatu senyawa.


Definisi di KBBI

Arti kata " hidrasi" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah istilah di bidang kimia yang memiliki arti penggabungan dengan air.


Intisari

"Hidrasi adalah proses sewaktu ion atau molekul air tersusun secara spesifik. Hidrasi terjadi dalam larutan dimana air merupakan pelarut yang sangat baik untuk senyawa-senyawa ionik. Arti kata " hidrasi" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah istilah di bidang kimia yang memiliki arti penggabungan dengan air.  "
Referensi
Chang, Raymond. 2003. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti, Jilid 1, Edisi ke-3. Jakarta: Erlangga
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Posting Komentar untuk "Pengertian Hidrasi di Kimia"