Logam Berat Esensial dan Non Esensial

Logam Berat
Jenis-jenis logam berat berdasarkan toksikologinya secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu logam berat esensial dan logam berat non esensial. Artikel singkat berikut ini membahas penjelasan singkat mengenai dua jenis logam berat tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis logam berat, ada baiknya kita ingat kembali pengertian logam berat. Apa itu logam berat? Logam berat secara umum didefiniskan sebagai logam yang memiliki berat jenis lebih dari 5g/cm3. Karena logam berat ada dalam konsentrasi yang sangat rendah dalam air, logam berat disebut juga sebagai trace metal atau logam runutan.

Pengertian Logam Berat Esensial

Jenis pertama adalah jenis logam berat esensial. Pengertian logam berat esensial secara umum adalah logam yang keberadaanya dalam jumlah tertentu sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, namun dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan efek racun. Contoh logam berat esensial di antaranya yaitu Zn (Seng), Cu (Tembaga), Fe (Besi), Co (Kobalt) dan Mn (Mangan).

Pengertian Logam Berat Non Esensial

Jenis logam yang kedua adalah logam berat non esensial. Berbeda dengan logam esensial, logam berat non esensial adalah logam yang keberadaannya di dalam tubuh masih belum diketahui manfaatnya, bahkan dapat bersifat racun. contoh logam berat non esensial atau tidak esensial adalah Hg (Raksa), Cd (Kadmium) dan Pb (Timbal).

Perbedaan Logam Berat Esensial dan Non Esensial

Pada dasarnya, perbedaan logam esensial dan non esensial menurut peranannya dalam sistem biologis adalah terletak pada manfaatnya dalam tubuh. Logam esensial dalam jumlah tertentu memberikan manfaat bagi tubuh, namun jika melebihi dosis dapat berubah menjadi bersifat racun sedangkan logam non esensial belum diketahui manfaatnya dalam tubuh bahkan dikatakan bersifat beracun.

Keracunan Logam Berat

Toksisitas logam berat pada manusia kebanyakan terjdi karena logam berat non esensial seperti Pb dan Hg, namun keracunan logam berat esensial dapat terjadi jika melebihi dosis. Keracunan oleh logam berat esensial yang biasanya dijumpai adalah keracunan logam cu,zn, dan se.

0 Response to "Logam Berat Esensial dan Non Esensial"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel