Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Logam Berat, Jenis, Sumber, Pencemaran Logam Berat

Pengertian Logam Berat, Jenis, Sumber, Pencemaran Logam Berat   

Pengertian Logam Berat

Apa itu logam berat? Logam berat adalah istilah untuk logam yang seringkali memiliki dampak berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup, termasuk manusia. Pengertian logam berat secara umum didefinisikan sebagai unsur kimia atau logam yang memiliki masa jenis lebih dari 5g/cm3. Logam berat disebut juga trace metal atau logam runutan. Contoh logam berat antara lain, Hg (raksa), Cr (Chromium), Cd (Cadmium), Pb (Timbal), Cu (Tembaga) dan sebagainya. Apakah logam berat berbeda dengan logam non berat atau logam ringan?

Jenis-jenis Logam Berat

Logam berat berdasarkan toksisitasnya secara umum dibagai menjadi dua, yaitu logam berat esensial dan logam berat non esensial. Logam berat esensial merupakan logam yang dalam jumlah tertentu masih dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh, namun jika melebihi dosis bersifat toksik atau racun. Sedangkan jenis yang kedua yaitu logam berat non esensial merupakan logam yang masih belum diketahui manfaatnya bagi tubuh dan memiliki sifat racun.

pengertian logam berat, logam berat essensial dan non esensial, jenis logam berat
Unsur-unsur logam berat

Sumber Logam Berat

Logam berat di lingkungan dapat berasal dari alam maupun dari kegiatan manusia. Secara alami, logam berat dapat ditemukan di seluruh bagian alam, dengan konsentrasi yang sangat kecil. Kadar logam berat ini akan bertambah jika ada limbah hasil kegiatan manusia yang mengandung logam berat seperti dari kegiatan pertambangan, kegiatan industri, pertanian, dan transportasi. 

Pencemaran Logam Berat di Lingkungan

Logam berat sering dikaitkan dengan isu pencemaran lingkungan. Logam berat merupakan salah satu parameter pencemar yang dianggap memiliki dampak yang membahayakan. Dampak yang diakibatkan oleh logam berat terhadap manusia sangat bervariasi, tergantung jenis logam, jumlah paparan dan sebagainya. Dampak terburuk akibat keracunan logam berat adalah dapat menyebabkan kematian.

Posting Komentar untuk "Pengertian Logam Berat, Jenis, Sumber, Pencemaran Logam Berat"