Sunday, October 13, 2019

Kimia Lingkungan

Terdapat banyak topik yang tercakup dalam kimia lingkungan, proses pencemaran di udara, perairan, tanah dan sebagainya. Kimia lingkungan merupakan cabang dari ilmu kimia.

Isu-isu permasalahan lingkungan banyak dibahas dengan argumentasi-argumentasi ilmiah.  Secara umum, ilmu kimia cakupan keterkaitannya dengan disiplin ilmu lainnya sangat luas salah satunya yaitu adalah kimia lingkungan.

Pengertian Kimia Lingkungan

Ilmu kimia memiliki berbagai cabang disiplin ilmu, salah satunya adalah kimia lingkungan. Kimia lingkungan adalah salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam. Kimia lingkungan merupakan bagian dari ilmu kimia yang membahas tentang mekanisme perubahan kimia yang berhubungan dengan sumber, penyebaran, reaksi, dampak dari bahan kimia  yang terjadi di lingkungan, baik itu di udara, tanah, maupun air serta dampaknya bagi kehidupan. Ilmu ini banyak membahas tentang pencemaran lingkungan, yaitu peristiwa penyebaran bahan kimia yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, baik itu pencemaran yang terjadi di udara, pencemaran tanah, maupun pencemaran lingkungan perairan.

Isu Kimia Lingkungan?

Kimia lingkungan membahas tidak jauh dari peristiwa pencemaran beserta dampaknya terhadap lingkungan. pencemaran lingkungan sendiri dapat terjadi di tanah, udara maupun air beserta dengan dampaknya. Beberapa isu yamng di bahas dalam kimia lingkungan, kebanyakan terkait dengan pencemaran lingkungan seperti terjadinya proses penipisan lapisan ozon di atmosfer, pemanasan global (global warming) meliputi proses, penyebab, dan dampaknya, kemudian ada juga terkait dampak penggunaan pestisida sintetis terhadap lingkungan, dan sebaginya. Selain itu, kimia lingkungan juga membahas tentang antisipasi atau pencegahan terjadinya kerusakan lingkungan dan solusi-solusi yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kerusakan lingkungan.

Manfaat Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan membahas tentang mekanisme perubahan kimia di alam, yamng kebanyakan adalah terkait dengan pencemaran lingkungan. Dengan mempelajari perubahan alam dari sudut pandang kimia, maka dapat dilakukan usaha-usaha untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan, sehingga aktivitas yang dilakukan oleh manusia tidak mengganggu lingkungan atau menyebabkan kerusakan lingkungan atau juga dapat lebih bersifat ramah lingkungan. Dengan pengetahuan tersebut juga diharapkan dapat melahirkan sikap sadar lingkungan, yaitu kesadaran tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga masyarakat akan berusaha melakukan sanitasi lingkungan, yaitu upaya menyehatkan lingkungan hidup manusia, utamanya lingkungan fisik (air, tanah, udara).

Topik Kimia Lingkungan

  • Pencemaran Tanah
  • Pencemaran Air
  • Pencemaran Udara
  • Hujan Asam
  • Pemanasan Global
  • Kerusakan OzON
Pestisida