Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial: Cara Memperbaiki Erorr Bookmark Not Defined di Dokumen Microsoft Word

Pernahkah anda mengalami masalah pada dokumen microsoft word muncul tulisan "Erorr! Bookmark not Defined."? Ya.. Masalah ini muncul di Table of Content atau Daftar Isi yang dibuat secara otomatis di microsoft word. Tulisan ini ("Erorr! Bookmark not Defined") muncul saat dokumen tersebut hendak atau telah di print. Walhasil dokumen yang sudah diprint terbuang sia-sia, Padahal sebelum diprint dokumen sudah rapi. :)
Erorr! Bookmark not defined sendiri terjadi karena link-link heading atau page number yang kita buat secara otomatis di fasilitas Table Of Conten Microsoft Office Word terjadi kesalahan, akhirnya munculah tulisan tersebut.

Saya sendiri pernah mengalami masalah ini, di dokumen skripsi/tugas akhir saya. Jadi begii ceritanya. Sama seperti mahasiswa pada umumnya, kita mengerjakan tugas akhir seperti biasanya, termasuk saya. Saya termasuk orang yang gak mau ribet soal hal-hal sederhana, sama soal Daftar Isi tugas akhir saya ini, Nggak mau ngecek ya pake Fasilitas insert Table of Content, rapihkan sedikit yang gak sesuai, jadilah daftar isi. Tanpa saya cek lagi, saya print dokumen tugas akhir itu, lalu saya daftar sidang. Eh pas habis presentasi, oleh penguji disuruh buka halaman daftar isi, eh lhaadala jebul muncul tulisan "Erorr! Bookmark not defined. Malu bukan kepalang deh.

Cara Mengatasi Erorr! Bookmark not Defined.

Untuk mendeteksi kesalahan atau menghindari kesalahan "Erorr! Bookmark not defined" sebelum word document terlanjur di print sebenarnya caranya sangat simpel. Ada dua cara untuk melihat apakah table of content daftar isi dokumen microsoft word kita terdapat kesalahan Erorr! Bookmak not defined. atau sudah tidak ada kesalahan tersebut, yaitu melalui print preview dan fasilitas Save As Pdf pada ms word.
    Gambar: Dokumen Word Erorr Not Defined Daftar Isi MS. Word

Cara Mudah Cepat Memperbaiki Erorr! Bookmark not Defined.

Ada dua cara untuk memperbaiki masalah Erorr! Bookmark not defined pada Daftar Isi. Pilihan pertama adalah cara ribet, yaitu memperbaiki halaman bermasalah maupun table of figure/Caption bermasalah. Cara ini sulit dan lama, tapi keuntungannya dokumen kita benar-benar rapih. Jika memilih cara ini, maka anda mesti jeli dalam memperbaiki.

Namun, apabila anda terlalu malas untuk memperbaiki satu-persatu, kita bisa menggunakan cara cepat, yaitu dengan cara blok seluruh halaman daftar isi, kemudian tekan tombol CTRL + F11. Maka dokumen kita sudah tidak bermasalah dengan Erorr! Bookmark not defined.
Dokumen Word Erorr Bookmark not defined diperbaiki

Untuk memastikan apakah masalah Erorr! Bookmark not defined sudah terselesaikan, maka kita pastikan dulu sebelum print dengan melihat di print priview atau save as pdf. Semoga membantu.






Posting Komentar untuk "Tutorial: Cara Memperbaiki Erorr Bookmark Not Defined di Dokumen Microsoft Word"