Biokimia

Pengertian Biokimia

Apa itu biokimia? Biokimia (Biochemistry), secara bahasa berasal dari bahasa yunani bios yang memiliki arti hidup dan kimia atau bisa disebut kimia makhluk hidup yaitu kimia yg terjadi & menjadi ciri kehidupan.  Biokimia disebut sebagai salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari atau mengkaji zat dan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian biokima adalah senyawa kimia dan proses kimia yang terdapat di dalam sel atau tubuh organisme (makhluk hidup). Ahli biokimia disebut dengan biokimiawan (biochemist).

Tujuan Ilmu Biokimia

Konsep dasar biokimia, reaksi-reaksi biokimia. Ilmu biokimia memiliki tujuan dasar yaitu untuk menentukan bagaimana sekumpulan benda mati (molekul tak hidup) penyusun organisme hidup saling berinteraksi satu dengan yang lain untuk mempertahankan dan melangsungkan hidup. Biokimia merupakan usaha;ikhtiar memahami proses kehidupan dari sisi kimia. Singkatnya tujuan ilmu biokimia adalah menguraikan semua proses kimiawi pada sel hidup.

Apa Saja Yang Di Pelajari Biokimia?

Ada banyak hal yang dipelajari dari cabang ilmu kimia ini, diantaranya yaitu terkait struktur kimia berikut dengan bentuk tiga dimensi molekul biologi, sel, enzim dan koenzim, asam amino dan peptida,protein, vitamin, karbohidrat, lipida, asam nukleat, pencernaan makanan, metabolisme: karbohidrat, lipid, protein dan asam amino, vitamin, air.

ManfaatIlmu Biokimia

Tentu ada banyak manfaat dari suatu ilmu, termasuk ilmu biokimia ini yang pada intinya untuk kesejahteraan manusia dan pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu manfaat dari ilmu ini yaitu di bidang kesehatan, termasuk dalam desain obat-obatan seperti obat asma.

Hubungan Biokimia dan Ilmu Lain

Ilmu biokimia memiliki keterkaitan dengan ilmu lain, diantaranya yaitu kimia organik, biofisika, nutrisi, kesehatan, mikrobiologi, fisiologi, biologi, genetika, kedokteran. Biokimia sebagai ilmu kimia maupun biologimemiliki perannya masing-masing meski masih saling terkait.

0 Response to "Biokimia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel