Friday, February 14, 2020

Keton



pengertian keton
Senyawa Keton: Aseton

Pengertian Keton

Keton adalah salah satu kelompok senyawa organik yang mengandung gugus karbonil dengan rumus umum RCOR. Berbeda dengan aldehida yang setidaknya memiliki satu atom hidrogen yang terikat pada karbonil, keton memiliki dua gugus alkil (aril) yang terikat dengan c karbonil. Salah satu ciri senyawa keton adalah berbau harum. Penamaan suatu keton menurut IUPAC diberi nama dengan mengubah -a alkana menjadi -on, misalnya propanon. Dalam pembuatan senyawa keton, salah satu cara mensintesis keton sederhana adalah dengan oksidasi suatu alkohol.

Definisi Keton di KBBI

Kata "keton" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  memiliki beberapa arti/definisi:
  1. Keton adalah pohon yang kayunya biasa dibuat triplek;kayu keton
  2. Keton adalah istilah di bidang kimia yang memiliki arti/definisi golongan senyawa organik yang sifatnya dinyatakan oleh gugus karbonil (C=O) yang mengikat dua senyawa karbon lain yang bervalensi satu spt CH3.

Intisari

"Keton adalah salah satu kelompok senyawa organik yang mengandung gugus karbonil dengan rumus umum RCOR. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) keton memiliki beberapa arti, pertama keton dapat berarti pohon yang kayunya biasa dibuat triplek atau kayu keton dan dapat juga dapat berarti golongan senyawa organik yang sifatnya dinyatakan oleh gugus karbonil (C=O) yang mengikat dua senyawa karbon lain yang bervalensi satu spt CH3."