Saturday, February 15, 2020

Kimia Organik

pengertian kimia organik
Struktur Senyawa Organik Aseton

Pengertian Kimia Organik

Kimia organik adalah cabang kimia yang mempelajari tentang struktur, sifat, reaksi, dan penggunaan senyawa karbon. Dahulu, kimia organik didefinisikan sebagai kimia dari senyawa benda hidup. Definisi tersebut kemudian berkembang hingga kemudian kimia organik menjadi dikenal sebagai kimia senyawa karbon. Unsur-unsur yang paling pentinmg dalam kimia organik adalah karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Penggolongan senyawa organik dapat dibedakan menurut gugus fungsi yang di kandungnya. Dalam Ilmu kimia, gugus fungsi adalah sekelompok atom yang menyebabkan perilaku kimia molekul induk. Kimia Organik dalam bahasa inggris dikenal dengan Organic Chemistry.

Definisi Kimia Organik di KBBI

Arti kata "kimia organik" menurut Kamus Besarr Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cabang kimia tentantg struktur, sifat, reaksi, dan penggunaan senyawa karbon.

Intisari

"Kimia organik adalah merupakan salah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang struktur, sifat, reaksi, dan penggunaan senyawa karbon. Penggolongan senyawa organik dapat dibedakan menurut gugus fungsi yang di kandungnya. Unsur-unsur yang paling pentinmg dalam kimia organik adalah karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen."