Thursday, February 13, 2020

Makromolekul

pengertian makromolekul adalah

Pengertian Makromolekul

Secara umum, molekul adalah kumpulan yang setidaknya terdiri dari dua atom dengan susunan tertentu dan terikat oleh gaya-gaya kimia atau ikatan kimia. Makromolekul adalah molekul yang memiliki struktur relatif besar dan mempunyai berat molekul yang tinggi. Makromolekul dibangun dari unit pembangun yang kecil. Makromolekul merupakan golongan utama biomolekul. Contoh makromolekul adalah asam nukleat dan protein yang keduanya merupakan makromolekul informasi.

Definisi Makromolekul di KBBI

Arti kata "makromolekul" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beberapa arti/definisi:
  1. Makromolekul adalah molekul yang sangat besar, misal molekul polimer dan hemoglobin.
  2. Makromolekul adalah istilah bagi zat padat hablur sepertt intan, yang atomnya terikat secara kovalen dengan sebelahnya sehingga ikatan semuanya mempunyai kekuatan sama dan seluruh hablur seakan-akan satu molekul tunggal yang terikat secara kimia.

Intisari

"Makromolekul adalah molekul yang memiliki struktur relatif besar dan mempunyai berat molekul yang tinggi. Contoh makromolekul adalah asam nukleat dan protein yang keduanya merupakan makromolekul informasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makromolekul memiliki 2 arti/definisi, pertama memiliki arti molekul yang sangat besar, kedua merupakan istilah bagi zat padat hablur seperti intan, yang atomnya terikat secara kovalen dengan sebelahnya sehingga ikatan semuanya mempunyai kekuatan sama dan seluruh hablur seakan-akan satu molekul tunggal yang terikat secara kimia."