Hidrokarbon

pengertian hidrokarbon
Senyawa Kimia Organik

Pengertian Hidrokarbon

Hidrokarbon adalah senyawa yang terbentuk hanya dari dua unsur saja, yaitu unsur karbon dan unsur hidrogen. Berdasarkan strukturnya, hidrokarbon terdiri dari hidrokarbon alifatik dan hidrokarbon aromatik. Hidrokarbon yang atom karbon (c-nya) hanya memiliki ikatan-ikatan tunggal disebut alkana (contoh alkana yaitu metana,etana), sedangkan jika membentuk cincin disebut dengan sikloalkana (contoh sikloalkana: benzena), dimana alkana danb siklolkana ini disebut dengan hidrokarbon jenuh. Sumber hidrokarbon di alam antara lain Gas alam, minyak bumi, dan batubara.

Definisi Hidrokarbon di KBBI

Arti kata "hidrokarbon" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah istilah di bidang biologi yang memiliki arti senyawa kimia yang hanya mengandung unsur hidrogen dan karbon saja.

Intisari

"Hidrokarbon adalah senyawa yang terbentuk hanya dari dua unsur saja, yaitu unsur karbon dan unsur hidrogen. Berdasarkan strukturnya, dibagi menjadi 2, yaitu hidrokarbon alifatik dan hidrokarbon aromatik. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) hidrokarbon adalah istilah di bidang biologi yang memiliki arti senyawa kimia yang hanya mengandung unsur hidrogen dan karbon saja."

Belum ada Komentar untuk "Hidrokarbon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel