4+ Cara Pengelolaan Sampah

4 cara pengelolaan sampah dan limbah
Cara Pengelolaan Sampah/Limbah

Sebagai limbah yang berpotensi menimbulkan permasalahan lingkungan dan mengganggu kesehatan makhluk hidup termasuk manusia, sampah harus dikelola dengan cara-cara yang baik dan tepat. Berikut ini beberapa cara pengelolaan sampah:

1. Penumpukan

Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan dilakukan penumpukan (landfill) sampah di tempat pembuangan akhir atau TPA. Penimbunan sampah ini dilakukan hingga sampah mengalami proses pembusukan menjadi bahan organik.

Tempat-tempat yang dapat dijadikan sebagai lahan penimbunan harus memenuhi persayaratan yang sudah ditentukan serta memperhatikan analisis dampak lingkungan atau amdal.

Klasifikasi penimbunan limbah antara lain terdiri dari:

  1. Penimbunan limbah anaerobik
  2. Penimbunan limbah saniter anaerobik
  3. Penimbunan limbah semiaerobik
  4. Penimbunan limbah aerobik

2. Pengkomposan

Pengkomposan adalah cara pengelolaan sampah yang bersifat pemanfaatan. Pengkomposan merupakan proses pengolahan sampah menjadi pupuk kompos atau pupuk organik. Pemanfaatan sampah menjadadi pupuk ini tentu cara yang cukup menguntungkan, selain menghilangkan limbah, dapat memperoleh keuntungan dengan merubah limbah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi. dari hasil proses pengolahan.

3. Pembakaran

Cara lain yang dapat digunakan untuk menangani sampah adalah pembakaran. Pembakaran atau insinerasi (insineration) adalah metode pengolahan sampah dengan cara membakar sampah pada suatu tungku yang disebut dengan insinerator. Membakar sampah merupakan cara yang terlihat mudah, namun apabila tidak dilakukan dengan benar dapat sangat berbahaya terhadap lingkungan.

Pembakaran yang ideal adalah pembakaran dengan suhu yang tinggi dan ketersediaan oksigen yang cukup. Pembakaran sampah dengan oksigen yang kurang mencukupi (kekurangan oksigen) akan menghasilkan gas karbonmonoksida (CO). Karbon monoksida merupakan gas yang berbahaya, dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia.
4+ Cara cara pengelolaan sampah

4. Sanitary Landfill

Merupakan cara yang mirip dengan penumpukan atau landfill. Bedanya, sampah ditutup lalu diuruk dengan tanah. Langkah-langkah sanitary landfill dapat dikelompokan sebagai berikut:
  1. Linning System
  2. Leanchate Collection System
  3. Cover atau Cap System
  4. Monitoring System 

Belum ada Komentar untuk "4+ Cara Pengelolaan Sampah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel