Perbedaan Pestisida dan Insektisida

 
Perbedaan antara pestisida dengan insektisida antara lain adalah sebagai berikut:
  • Pestisida adalah istilah untuk menyebutkan semua jenis racun hama, yaitu zat beracun yang digunakan untuk menangani, membunuh, membasmi hama.
  • Insektisida adalah salah satu jenis racun hama yang digunakan untuk membunuh hama serangga. 
Untuk memahami perbedaan antara insektisida dan pestisida lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini. 

Pestisida

Pestisida pada dasarnya adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan semua jenis racun hama. Menurut asal katanya, pestisida berasal dari kata "pest" dan "cide/cida" yang artinya pembunuh hama. 

Pestisida diklasifikasikan ke dalam beberapa golongan, dimana penggolongan jenis pestisida yang paling umum adalah berdasarkan organisme target. Selain berdasarkan target sasaran, terdapat pula pengelompokan Jenis pestisida yang lain yang berdasarkan cara pembuatan, struktur kimia penyusun pestisida, dan cara kerja. 

Hama sendiri terdapat banyak jenisnya, untuk lebih mengefisienkan penggunaan racun hama, pestisida dibuat dengan berbagai macam jenis bahan/senyawa kimia yang telah disesuaikan dengan peruntukkannya. Sehingga muncul lah istilah-istilah pestisida seperti insektisida, herbisida, rodentisida, akarisida, fungisida, dan sebagainya. 

Insektisida

Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran, yaitu racun pembasmi untuk hama serangga. Jenis insektisida ada banyak yang dikelompokkan berdasarkan senyawa kimia penyusunnya, cara penggunaan, dan sebagainya. Jadi, pestisida adalah istilah umum untuk menyebutkan racun hama, sedangkan insektisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran. 

Kesimpulan

Pestisida merupakan istilah umum untuk menyebut semua racun hama sedangkan insektisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target yang digunakan untuk membunuh serangga.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Pestisida dan Insektisida"