Pestisida: Pengertian dan Jenis-jenis Pestisida

Pada bidang pertanian, sering kali petani berurusan dengan hama-hama. Selain mengganggu tanaman, hama pertanian juga dapat menurunkan hasil panen pertanian, bahkan yang terburuk dapat menyebabkaan kegagalan panen. Untuk mengatasi permasalahan hama ini, biasanya digunakan suatu obat yang sering disebut dengan pestisida. Lalu, apa itu pestisida?


Pengertian Pestisida

Secara umum, pengertian pestisida adalah zat atau bahan atau senyawa kimia beracun yang digunakan untuk membunuh atau membasmi hama. Menurut asal katanya, pestisida berasal dari kata "pest" yang berarti hama dan "cida" yang berarti pembunuh. Sedangkan Menurut FAO 1986 & PP RI No. 7, 1973 definisi pestisida adalah campuran bahan kimia yang digunakan untuk mencegah, membasmi dan mengendalikakn hewan/tumbuhan pengganggu seperti binatang pengerat, termasuk serangga penyebar penyakit, dengan tujuan kesejahteraan manusia. Penggunaan pestisida dapat dilakukan dengan cara disemprotkan, ditabur dan lain-lain.

Jenis-jenis Pestisida

Terdapat berbagai jenis hama, ada hewan pengerat, ada perusak batang, serangga, jamur dan sebagainya. Sama halnya dengan jenis hama, Pestisida juga terdapat berbagai macam jenisnya. Klasifikasikan pestisida terdiri dalam beberapa golongan.

Penggolongan jenis pestisida yang paling umum dan paling familiar di masyarakat adalah klasifikasi pestisida berdasarkan organisme target. Pestisida jenis ini antara lain terdiri dari herbisida, fungisida, insektisida, rodentisida, akarisida, moluskisida, nematisida, dll. Jenis-jenis pestisida berdasarkan organisme target ini seringkali membuat orang salam paham mengartikannya, misalnya apa perbedaan pestisida dan insektisida. Padahal insektisida adalah pestisida. Sedangkan pestisida adalah istilah untuk menyebut obat atau racun pembunuh hama.


Selain itu terdapat pula penggolongan pestisida lainnya. Misalnya, berdasarkan asal/cara pembuatannya, pestisida digolongkan dalam dua golongan yaitu pestisida sintesis dan pestisida nabati. Pestisida sintetis merupakan pestisida yang sengaja dibuat oleh pabrik sedangkan pestisida nabati adalah pestisida yang memanfaatkan bahan-bahan alam secara langsung untuk mengusir atau membunuh hama. Berdasarkan Struktur Kimia, senyawa penyusun pestisida, pestisida digolongkan dalam dua kelompok yaitu pestisida anorganik dan pestisida organik. Lebih kompleks lagi, ada pula penggolongan pestisida berdasarkan struktur kimia dan berdasarkan mekanisme tokisitasnya. 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter