Insektisida: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Contohnya

Insektisida: Pengertian, Jenis dan Cara Kerja Insektisida

Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran yang digunakan untuk membasmi hama berupa hewan serangga. 

Pestisida

Segala jenis racun yang digunakan untuk membunuh atau membasmi hama disebut dengan pestisida. Pestisida sendiri berasal dari kata pest dan cida yang artinya racun pembunuh hama. Secara umum, klasifikasi pestisida digolongkan menurut organisme sasaran atau organisme pengganggu tanaman (OPT). Salah satu jenis pestisida adalah insektisida.

Pengertian Insektisida

Insektisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran yang digunakan untuk membunuh hama jenis serangga seperti wereng, belalang, ulat, kaper, kupu-kupu, ngengat dan serangga lain yang sering menjadi organisme pengganggu tanaman (OPT). 

Menurut asal katanya, insektisida berasal dari kata "insecta" yang berarti serangga dan "cida" yang berarti pembunuh. Jadi, secara singkatnya insektisida adalah racun pembunuh serangga.

Cara Kerja Insektisida

Terdapat beberapa hal penting yang perlu kita ketahui tentang bagaimana cara kerja insektisida dalam membunuh serangga. Pada dasarnya racun ini dibuat melalui penelitian sedemikian rupa dengan tujuan untuk dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. 

Racun dari senyawa dalam bahan penyusun insektisida dapat membunuh serangga secara langsung maupun tidak langsung. 

Racun insektisida yang bekerja secara tidak langsung artinya adalah racun tersebut bekerja dengan cara meracuni tanaman sehingga dapat menyebabkan serangga yang memakan atau berkontak dengan tanaman akan keracunan. Sedangkan meracuni serangga secara langsung, yang jenis racunnya dapat berupa racun kontak maupun racun lambung.

Jenis-jenis Insektisida

Insektisida dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis golongan, yaitu menurut cara kerja pada tumbuhan, cara kerja meracuni hama dan berdasarkan senyawa penyusun insektisida. 

Berikut ini adalah klasifikasi jenis-jenis insektisida:

  1. Berdasarkan cara kerja pada tumbuhan (makanan serangga), insektisida dibagi menjadi dua macam, yaitu insektisida sistemik dan insektisida non-sistemik.
  2. Berdasarkan cara kerja dalam meracuni serangga secara langsung, racun insektisida terdiri dari racun lambung (perut), racun kontak dan racun pernafasan. 
  3. Berdasarkan struktur kimia senyawa penyusunnya, insektisida terdiri dari 2 jenis, yaitu insektisida anorganik dan insektisida organik yang terdiri dari insektisida alami (senyawa-senyawa dari tumbuhan seperti nikotin daun tembakau, piretrum berasal dari bunga piretrum, rotenon berasal dari akar tuba) dan insektisida sintesis (senyawa golongan organoklorin, organofospat, karbamat, piretroid, dll).

Perbedaan Insektisida dengan Pestisida

Seringkali orang salah mengartikan tentang perbedaan antara insektisida dengan pestisida. Padahal, pestisida adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan semua jenis racun hama, sedangkan insektisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target yang digunakan untuk membunuh serangga. 

Singkatnya, insektisida adalah jenis pestisida racun pembunuh serangga pengganggu tanaman. 

Contoh Insektisida

Berikut ini adalah contoh produk insektida nemantisidanemantisida furadan. 

pengertian insektisida, Jenis insektisida, cara kerja insektisida
Contoh Produk Insektisida : Furadan