Insektisida

Pengertian Insektisida

Apa itu insektisida? Pada dasarnya, Insektisida merupakan bagian dari pestisida, kenapa? karena insektisida merupakan salah satu dari berbgai jenis pestisida berdasar organisme target atau hama pengganggu. Secara umum, Pengertian Insektisida adalah racun pestisida yang digunakan untuk membunuh hama serangga yang menjadi pengganggu tanamanan. Secara bahasa, Insektisida berasal dari kata "insecta" yang berarti serangga dan "cida" yang berarti pembunuh. Jadi, Insektisida singkatnya adalah racun pembunuh serangga.

Cara Kerja Insektisida

Bagaimana cara kerja insektisida membunuh serangga? Insektisida dibuat dengan penelitian rupa untuk dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Racun Insektisida dapat membunuh hama serangga secara langsung maupun tidak langsung, yaitu dengan cara meracuni tanaman sehingga serangga keracunan atau meracuni serangga secara langsung, yang jenis racunnya dapat berupa racun kontak maupun racun lambung.

Jenis-jenis Insektisida

Apa saja jenis-jenis insektisida? Racun serangga Insektisida dapat diklasifikasikan kedalam beberapa jenis golongan. Pertama, jenis insektisida berdasarakan cara kerja pada tumbuhan (makanan serangga), insektisida dibagi dalam dua golongan, yaitu insektisida sistemik dan insektisida non-sistemik. Kedua, berdasarkan cara kerja insektisida meracuni serangga secara langsung, terdiri dari racun lambung(perut), racun kontak, racun pernafasan. Ketiga, berdasarkan struktur kimia senyawa penyusun insektisida, terdiri dari insektisida anorganik dan insektisida organik yang terdiri dari insektisida alami (senyawa-senyawa dari tumbuhan seperti nikotin daun tembakau, piretrum berasal dari bunga piretrum, rotenon berasal dari akar tuba) dan insektisida sintesis (senyawa golongan organoklorin, organofospat, karbamat, piretroid, dll).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel