Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggolongan Senyawa Hidrokarbon dan Contohnya

Penggolongan Senyawa Hidrokarbon dan Contohnya

Pengertian Hidrokarbon

Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang terbentuk hanya dari dua unsur saja, yaitu unsur karbon dan unsur hidrogen. Jadi, senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang molekulnya terdiri dari unsur karbon dan unsur hidrogen. 

Hidrokarbon yang atom karbon (c-nya) hanya memiliki ikatan-ikatan tunggal disebut alkuna (contoh alkana yaitu metana, etana), sedangkan jika membentuk cincin disebut dengan sikloalkana (contoh sikloalkana: benzena), dimana alkana dan sikloalkana ini disebut dengan hidrokarbon jenuh

Metana adalah contoh senyawa hidrokarbon alifatik

Sumber hidrokarbon di alam antara lain Gas alam, minyak bumi, dan batubara. Selanjutnya kita akan membahas mengenal klasifikasi jenis-jenis senyawa hidrokarbon dan turunannya. 

Simak video berikut untuk membantu memahami klasifikasi jenis senyawa hidrokarbon


Jenis-jenis Hidrokarbon

Setidaknya terdapat 2 jenis penggolongan senyawa hidrokarbon yaitu berdasarkan bentuk rantai (struktur senyawa) dan jenis rantai/jenis ikatannya (jenis ikatan antar atom karbon).

Berdasarkan bentuk rantainya hidrokarbon dikelompokkan menjadi 2 (dua) jenis golongan utama, yaitu senyawa hidrokarbon alifatik dan senyawa hidrokarbon aromatik. 

Sedangkan berdasarkan jenis rantai atau jenis ikatan antara atom-atom karbon, hidrokarbon dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu senyawa hidrokarbon jenuh dan senyawa hidrokarbon tak jenuh. 

Berikut ini penjelasan terkait jenis-jenis penggolongan senyawa hidrokarbon selengkapnya. 

1. Hidrokarbon Alifatik

Hidrokarbon alifatik (aliphatic hydrocarbon) adalah merupakan salah satu jenis hidrokarbon berdasarkan strukturnya yang tidak memiliki gugus benzena atau cincin benzena. Jenis hidrokarbon alifatik antara lain dibagi menjadi alkana, alkena, alkuna, dan juga sikloalkana.
  1. Alkana merupakan hidrokarbon yang hanya memiliki ikatan kovalen tunggal. Contoh metana, etana, propana.
  2. Alkena merupakan hidrokarbon yang memiliki setidaknya satu ikatan rangkap pada ikatan antar atom karbon-karbonnya. Contoh etena, butena, heksena,
  3. Alkuna merupakan hidrokarbon yang memiliki setidaknya satu iktan rangkap tiga antar atom karbon-karbonya. Contoh: etuna, heksuna,  
  4. Sikloalkana merupakan alkana yang atom karbonnya bergabung membentuk cincin. Contoh siklopropana.

2. Hidrokarbon Aromatik

Hidrokarbon aromatik adalah merupakan salah satu jenis hidrokarbon berdasarkan strukturnya yang memiliki satu atau lebih cincin benzena. Benzena merupakan senyawa induk dari golongan besar hidrokarbon aromatik. Contoh senyawa hidrokarbon aromatik adalah nitrobenzena, etilbenzena, hidrokarbon aromatik polisiklik seperti naftalena.

3. Hidrokarbon Jenuh

Hidrokarbon jenuh adalah jenis senyawa hidrokarbon berdasarkan ikatan antar atom karbon yang seluruh ikatan antar atomnya merupakan ikatan kovalen tunggal. Contoh hidrokarbon jenuh adalah alkana seperti metana, etana, propana, butana.

4. Hidrokarbon Tak Jenuh

Hidrokarbon tak jenuh adalah jenis senyawa hidrokarbon berdasarkan ikatan antar atom karbon yang terdapat ikatan rangkap dua atau rangkap tiga antar atom-atom karbonnya. Umumnya hidrokarbon tak jenuh mengalami reaksi adisi. Contoh golongan hidrokarbon tak jenuh adalah alkena seperti etilena.

Contoh Senyawa Hidrokarbon

Sumber hidrokarbon di alam antara lain Gas alam, minyak bumi, dan batubara. Gas yang biasa digunakan memasak didapur yaitu gas LPG (liquifies petroleum gas) merupakan contoh pemanfaatan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari. Hampir 80% gas alam tersusun dari metana (CH4) yang merupakan salah satu jenis senyawa alkana dan 20% penyusun lainnya adalah senyawa alkana lain seperti propana, etana, dan butana. Gas alam yang sudah diolah kemudian dikemas ini menjadi sumber energi alternatif selain minyak bumi. 

Selain minyak bumi dan gas LPG, terdapat kegunaan lain dari senyawa hidrokarbon yaitu sebagai pelumas, bahan baku plastik, sabun, detergen dan lain sebagainya. 


Pada artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai literasi penggolongan dan rumus senyawa hidrokarbon. 

INTISARI

Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang terbentuk hanya dari dua unsur saja, yaitu unsur karbon dan unsur hidrogen. Berdasarkan strukturnya, hidrokarbon dikelompokkan menjadi hidrokarbon alifatik dan hidrokarbon aromatik. Sedangkan berdasarkan ikatan antara atom karbonnya terdiri dari hidrokarbon jenuh dan hidrokarbon tak jenuh.

Posting Komentar untuk "Penggolongan Senyawa Hidrokarbon dan Contohnya"