Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Reaksi Kimia dan Contoh Perubahannya


Glosaria.com - Reaksi kimia dikenal sebagai peristiwa kimia yang menyebabkan terbentuknya produk baru yang memiliki sifat kimia yang berbeda dari bahan awalnya. Setidaknya ada 4 peristiwa yang menandai terjadinya reaksi kimia, yaitu timbulnya gas, terbentuknya endapan, adanya perubahan warna, dan terjadi perubahan suhu.

Syarat terjadinya reaksi kimia adalah adanya interaksi antara zat-zat reaktan yang kemudian menghasilkan produk yang merupakan suatu zat baru. Berikut ini adalah pembahasan dari masing-masing 4 ciri-ciri yang menandai terjadinya suatu reaksi kimia. 

Ciri-ciri Reaksi Kimia

Terjadinya suatu reaksi kimia dapat diketahui dari perubahan kimia yang muncul sebagai akibat dari terjadinya reaksi kimia tersebut. Perubahan kimia yang terjadi dapat diamati dengan ciri tertentu. Ada 4 ciri-ciri peristiwa yang menandai terjadinya reaksi kimia, yaitu:
  1. Timbulnya gas 
  2. Terbentuknya endapan 
  3. Adanya perubahan warna
  4. Terjadi perubahan suhu.

Berikut ini adalah merupakan ciri-ciri yang menandai terjadinya suatu reaksi kimia.

1. Reaksi Kimia Menghasilkan Endapan

Salah satu ciri yang sering diamati dari terjadinya suatu reaksi kimia adalah terbentuknya endapan sebagai salah satu zat hasil reaksi. Endapan yang terbentuk tersebut merupakan salah satu produk hasil reaksi yang telah terjadi. Jika pada suatu larutan, endapan biasanya akan mengendap dan berada di bagian dasar larutan.

Contoh reaksi kimia yang menghasilkan endapan adalah peristiwa pada saat kita memasak air yang mengandung kapur. Pada dasar panci yang kita gunakan untuk memasak air biasanya akan terbentuk suatu endapan yang lama-kelaman akan menempel seperti kerak pada permukaan panci. Zat yang menempel pada panci merupakan senyawa karbonat.

Contoh lainnya adalah reaksi antara air kapur dengan karbon dioksida yang menghasilkan endapan berupa kalsium karbonat atau CaCO3.

Kedua contoh tersebut merupakan bukti bahwa salah satu ciri terjadinya reaksi kimia adalah terbentuknya suatu endapan yang merupakan salah satu produk hasil dari reaksi kimia yang terjadi.

Peristiwa terbentuknya endapan ini merupakan salah satu contoh reaksi kimia yang menguntungkan dan juga telah banyak dimanfaatkan dalam proses penjernihan air, yaitu dengan cara menambahkan tawas sebagai salah satu reaktannya. Tawas akan bereaksi dengan partikel-partikel dalam air kemudian akan mengendap. Hasilnya air yang sudah diberikan tawas akan menjadi jernih.

2. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Warna

Perubahan warna sangat umum terjadi dalam suatu reaksi kimia. Pada identifikasi asam basa menggunakan kertas lakmus, larutan asam akan merubah warna lakmus biru menjadi merah dan larutan basa akan merubah lakmus merah menjadi biru.

Perubahan warna pada kertas lakmus tersebut terjadi karena adanya reaksi kimia antara larutan asam dan basa dengan senyawa kimia pada kertas lakmus. Jadi, terjadinya reaksi kimia dapat diketahui dengan perubahan warna yang terjadi.

Contoh lainnya reaksi kimia yang menghasilkan perubahan warna adalah proses pencucian pakaian dengan pemutih. Baju yang terkena noda tinta yang susah hilang apabila direndam dengan air dan diberikan larutan pemutih, maka noda tinta pada tersebut akan menghilang karena telah terjadi reaksi kimia dengan larutan pemutih.

Perubahan warna kertas lakmus dan pencucian baju dengan larutan pemutih baju merupakan contoh pemanfaatan reaksi kimia yang menghasilkan perubahan warna.

3. Reaksi Kimia Menghasilkan Gas

Terbentuknya gas sebagai hasil dari terjadinya reaksi kimia dapat diamati dari munculnya gelembung-gelembung udara dari dalam larutan yang kemudian akan naik ke permukaan. Selain itu ciri reaksi kimia yang menghasilkan gas juga dapat di amati dari peristiwa pembakaran kayu. 

Pada pembakaran kayu akan menghasilkan gas berupa karbon dioksida dan juga terjadi perubahan suhu, selain itu juga akan menghasilkan produk baru berupa abu. Alasan inilah kenapa pada proses pembakaran kayu disebut dengan perubahan kimia, karena pada pembakaran kayu menghasilkan produk baru berupa abu dengan ciri reaksi kimia terjadi perubahan suhu dan menghasilkan gas.


reaksi kimia menghasilkan gas
Gelembung gas muncul dalam tabung reaksi (pixabay)

Contoh reaksi kimia yang menghasilkan gas adalah seng (Zn) yang dimasukkan pada larutan asam klorida (HCl) akan menimbulkan gelembung gas yang merupakan gas hidrogen. Zn + 2HCl --> ZnCl2 + H2

4. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Suhu

Perubahan suhu yang terjadi akibat dari reaksi kimia dapat diamati dengan terjadinya kenaikan atau penurunan suhu yang diukur dengan alat termometer.

Reaksi kimia yang menghasilkan panas disebut dengan reaksi eksoterm sedangkan reaksi yang menyerap panas disebut reaksi endoterm.

Contoh reaksi kimia yang menghasilkan perubahan suhu adalah pada peristiwa karbit yang bereaksi dengan air. Gelas yang berisi air ketika ditambahkan dengan karbin maka dinding gelas akan terasa panas. Perubahan suhu tersebut dapat diukur dengan termometer.

 
 

Contoh Soal

1. Sebutkan 4 peristiwa perubahan kimia! 
 
Jawab: Peristiwa yang menandai terjadinya reaksi kimia antara lain adalah terjadinya endapan, terjadinya perubahan suhu, terjadinya perubahan warna, timbulnya gas.
 
2. Diantara pilihan berikut ini yang bukan peristiwa yang menandai terjadinya reaksi kimia adalah? 
a. terjadinya endapan
b. perubahan suhu
c. perubahan warna
d. timbulnya gas
e. perubahan volume

Jawab: e. Perubahan volume
Terjadinya endapan, terjadinya perubahan suhu, terjadinya perubahan warna, timbulnya gas merupakan ciri terjadinya reaksi kimia sedangkan perubahan volume bukan merupakan  peristiwa yang menandai terjadinya reaksi kimia. 
 

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Reaksi Kimia dan Contoh Perubahannya"