Limbah Radioaktif: Jenis dan Sumber Penghasil Limbah Radioaktif

Limbah Radioaktif
 
Berdasarkan tingkatannya, limbah radioaktif dibagi menjadi 3 jenis yaitu limbah radioaktif tingkat rendah, tingkat sedang dan tingkat tinggi.

 

Limbah Radioaktif 

Apa yang dimaksud dengan limbah radioaktif? Limbah radioaktif adalah merupakan salah satu jenis limbah yang termasuk kedalam kategori limbah berbahaya dan beracun (Limbah B3). 

Sumber limbah radioaktif dihasilkan dari proses nuklir misalnya proses fisi nuklir. Limbah radioaktif bisa muncul dari adanya penggunaan zat radioaktif, penggunaan peralatan yang berkontak dengan bahan radioaktif dan pengoperasian nuklir. 

Sumber limbah radioaktif dihasilkan dari proses nuklir

 

Beberapa contoh zat yang termasuk limbah radioaktif adalah zat radioaktif, bahan dan peralatan yang terkontak dengan zat radioaktif atau menjadi radioaktif karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengionan yang tidak dapat digunakan lagi. 

Jenis Limbah Radioaktif 

Berdasarkan tingkatannya, limbah radioaktif dibagi menjadi 3 jenis yaitu limbah radioaktif tingkat rendah, tingkat sedang dan tingkat tinggi.

1. Limbah Radioaktif Tingkat Rendah

Limbah radioaktif dengan aktivitas diatas tingkat normal tapi masih berada dibawah tingkat sedang disebut limbah radioaktif tingkat rendah. Jenis tingkatan ini tidak memerlukan penahanan radiasi selama proses penanganan dalam keadaan normal dan pengangkutan.

2. Limbah Radioaktif Tingkat Sedang

Jenis limbah radioaktif tingkat sedang merupakan limbah radioaktif dengan tingkat aktivitas diatas rendah tapi dibawah tingkat tinggi. Jenis limbah ini memerlukan penahanan radiasi selama proses penanganan dalam keadaan normal dan pengangkutan.

3. Limbah Radioaktif Tingkat Tinggi

Tingkatan limbah radioaktif jenis ini berasa diatas tingkat sedang. Penanganan jenis limbah radioaktif ini memerlukan pendingin dan penahan radiasi dalam penanganan pada keadaan normal dan pengangkutan.

 

Pengelolaan limbah radioaktif

Pengelolaan limbah radioaktif diperlukan dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan manusia yang bekerja di bidang tersebut serta melindungi masyarakat dan lingkungan hidup dari bahaya kontaminasi radioaktif.

Pengelolaan limbah radioaktif merupakan proses mengubah karakteristik dan komposisi limbah agar tidak membahayakan kehidupan makhluk hidup dan lingkungan saat disimpan maupun dibuang.

Pengelolaan limbah radioaktif terdiri dari proses pengumpulan, pengelompokan, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan pembuangan limbah radioaktif.

Rangkuman

1. Pengelompokan limbah radioaktif berdasarkan tingkatannya terdiri dari tingkat rendah, sedang, tinggi

Belum ada Komentar untuk "Limbah Radioaktif: Jenis dan Sumber Penghasil Limbah Radioaktif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel