Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 3 Model Ilmu Komputasi Modern

3 model ilmu komputasi modern

Glosaria.com - Komputasi merupakan paduan ilmu matematika dengan komputer yang digunakan untuk pemodelan dan penyelesaian numerik secara komputasi. Setidaknya terdapat tiga pemodelan komputasi yaitu model fungsional, logika dan imperatif

Pengertian Komputasi

Komputasi merupakan suatu algoritma yang dipakai untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input yang dimaksud di sini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. 

Komputasi merupakan bagian ilmu komputer yang berpadu dengan ilmu matematika. Ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang memberikan perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu sains.

Biasanya penggunaannya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya juga digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. 

Bidang komputasi ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science) yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Ilmu teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan jelas ilmu ini berbeda. Pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah suatu konsep sistem yang menerima instruksi/perintah dan disimpan dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Namum, pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. 

John Von Neumann (1903-1957) adalah penggagas konsep ini pertama kali. Beliau merupakan ilmuan yang menggagas dasar-dasar komputer modern. Von Neumann menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai dedikasi dalam bidang matematika, game theory, teori kuantum, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan satu dari banyak ilmuwan yang terlibat dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Semenjak kecil kegeniusannya dalam matematika sudah terlihat dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Komputasi modern bekerja dengan menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada. Berikut adalah perhitungan yang dilakukan komputasi modern, antara lain yaitu:

  • Akurasi (big, Floating point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hz)
  • Down Sizzing (Problem Volume Besar)
  • Modeling (NN & GA)
  • Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Model Komputasi

Komputasi memiliki 3 model dasar yaitu fungsional, logika, dan imperatif. Masing-masing model mempunyai satu set operasi yang digunakan untuk menggambarkan komputasi. Berikut adalah 3 model komputasi:

a. Model Fungsional

Satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function) suatu fungsi dapat mengambil fungsi lain. Suatu komputasi adalah aplikasi fungsi dan suatu program adalah koleksi fungsi-fungsi.

b. Model Logika

Memiliki satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program yang terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti(suatu urutan kesimpulan).

c. Model Imperatif

Operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan dan satu set nilai nilai yang mencakup suatu keadaan. Pernyataan merupakan set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Programnya terdiri suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan dan urutan tugas

Posting Komentar untuk "Mengenal 3 Model Ilmu Komputasi Modern"