Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Unsur Yang Membangun Seni

Inilah 4 Unsur Yang Membangun Seni

The Liang Gie yang dikenal sebagai Bapak Estetika seni menjelaskan bahwa dalam semua jenis kesenian terdapat unsur-unsur yang membangun karya seni. Menurut The Liang Gie unsur-unsur yang membangun seni antara lain adalah struktur seni, tema, medium dan gaya atau style. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai unsur-unsur yang membangun karya seni:

1. Struktur seni

Struktur seni adalah tata hubung sejumlah unsur-unsur seni yang membentuk atau membangun suatu kesatuan karya seni yang utuh. Sebagai contoh struktur seni dibidang seni rupa antara lain yaitu garis, warna, bentuk, bidang dan tekstur. Dibidang senjata musik, struktur seni terdiri dari irama dan melodi. Dibidang seni tari struktur terdiri dari wirama, wirasa dan wiraga, sedangkan dibidang seni teater struktur seninya adalah gerak, suara dan lakon. 

2. Tema

Tema merupakan ide pokok yang dipersoalkan dalam karya seni. Ide pokok suatu karya seni dapat dipahami atau dikenal melalui pemilihan subject matter (pokok soal) dan judul karya. Pokok soal dapat berhubungan dengan niat estetis atau nilai kehidupan, yakni berupa objek alam, alam kebendaan, suasana atau peristiwa yang metafora atau alegori. Namun tidak semua karya memiliki tema melainkan kritik.
Unsur-unsur yang Membangun Seni
Abstract (pixabay)

3. Medium

Medium adalah sarana yang digunakan dalam mewujudkan gagasan menjadi suatu karya seni melalui pemanfaatan material atau bahan dan alat serta penguasaan teknik berkarya. Tanpa medium tak ada karya seni. Pada seni rupa mediumnya adalah objek estetik dua dimensi (lukisan cat air, etsa, cukil, kayu, dan lain-lain), objek estetik tita dimensi (patu batu, relief logam, ukiran kayu). Semua jenis seni mempergunakan medium, seni musik mempergunakan medium bunyi (nada), seni tari mempergunakan medium gerak, seni teater mempergunakan semua itu oleh sebab itu teater dikatakan seni yang mempergunakan multimedia, seni sastra mempergunakan keta-keta sebagai medium, seni lukis mempergunakan garis, bidang dan warna, kalau seni sastra menggunakan kata sebagai medium.
Kalau seni dapat dianggap sebagai bahasa maka setiap cabang seni memiliki bahasa tersendiri, sastra memiliki bahasa verbal, seni rupa memiliki bahasa plastis, seni tari memiliki bahasa kinetis, seni musik bahasa audio, seni lukis memiliki bahasa visual, begitu pula seni memiliki dimensi, seni musik mempunyai dimensi waktu, seni tari memiliki dimensi gerak, dan seni rupa memiliki dimensi ruang.
 

4. Gaya atau style

Gaya atau style dalam karya seni merupakan ciri ekspresi personal yang khas dari si seniman dalam menyajikan karyanya. Menurut Soedarso SP (1987:79), gaya adalah ciri bentuk luar yang melekat pada wujud karya seni, sedangkan aliran berkaitan dengan isi karya seni yang merefleksikan pandangan atau prinsip seniman dalam menanggapi sesuatu.

KESIMPULAN

Unsur-unsur yang membangun karya seni menurut The Liang Gie antara lain adalah struktur seni, tema, medium, dan gaya atau style.

Referensi

Sri Hermawati Dwi Arini dkk. 2008.Seni Budaya Jilid 1 untuk SMK. Departemen Pendidikan Nasional

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Unsur Yang Membangun Seni"