Glikoprotein

Halaman ini mengulas tentang glikoprotein merupakan artikel rintisan pada bidang biokimia. Istilah yang sama dengan glikoprotein dalam bidang lain mungkin mempunyai definisi yang tidak sama.

Pengertian Glikoprotein

Glosaria.com - apa itu glikoprotein? Glikoprotein adalah protein yang memiliki kandungan karbohidrat yng terikat secara kovalen, yang merupakan monosakarida tunggal, atau oligosakarida yaitu rantai pendek monosakarida yang digabungkan oleh ikatan kovalen. Beberapa Glikoprotein hanya memiliki satu atau beberapa golongan karbohidrat. Glikoprotein lain memiliki sejumlah rantai samping oligisakarida berbentuk linear atau bercabang. Pada permukaan sebelah luar sel hewan, hampir semua proteinnya adalah glikoprotein. Kebanyakan protein yang di keluarkan menuju bagian luar sel (disekresi) adalah glikopreotein. Pada umumnya, kebanyakan protein yang terletak atau berfungsi diluar sel merupakan glikoprotein. Glikoprotein ekstraseluler yang paling menonjol adalah protein anti-beku.

Glokoprotein Spesifik

Oligosakarida pada dinding berbulu atau glikokaliks terutama merupakan glikoprotein spesifik yang terdapat di dalam membran plasma. Salah satu glikoprotein membran yang paling banyak diketahui adalah glikoforin yg ada pada membran sel darah merah. Fibronektin merupakan glikoprotein membran lainnya.

Referensi Glikoprotein

Albert L. Lehninger, 1982, Principles of Biochemistry, Worth Publisher, Inc.

0 Response to "Glikoprotein"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel