Sunday, February 16, 2020

Orbital Atom


orbital atom
Senyawa Kimia

Pengertian Orbital Atom

Orbital atom adalah bagian dari ruang yang dimungkinkan ditemukannya sebuah elektron atau daerah pada inti atom yang memiliki kemungkinan terbesar ditemukannya elektron.  Menurut teori Schrodinger, elektron menempati lintasan yang tidak pasti sehingga elektron berada pada berbagai jarak dari inti atom dan berbagai arah dalam ruang. Orbital atom dapat dianggap sebagai fungsi gelombang dari elektron dalam suatu atom. Orbital atom memiliki tingkat energi yang khas. Bentuk orbital ditentukan oleh subkulit dari elektron yang terdiri dari orbital s, orbital p, orbital d, dan orbital f.

Definisi Orbital Atom di KBBI

Arti kata "orbital" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian ruang dengan peluang tinggi untuk menjumpai elektron tertentu dalam sebuah atom.

Intisari

"Orbital atom adalah bagian dari ruang yang dimungkinkan ditemukannya sebuah elektron atau daerah pada inti atom yang memiliki kemungkinan terbesar ditemukannya elektron. Orbital atom dapat dianggap sebagai fungsi gelombang dari elektron dalam suatu atom. Orbital atom memiliki tingkat energi yang khas. Bentuk orbital ditentukan oleh subkulit dari elektron yang terdiri dari orbital s, orbital p, orbital d, dan orbital f. "