Paragraf: Pengertian, Bagian, Jenis Dan Contohnya


Paragraf: Pengertian, Bagian, Jenis Dan Contohnya

Suatu bacaan atau karangan biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Untuk memahami isi bacaan tersebut, harus diketahui pesan-pesan yang terkandung dalam masing-masing paragraf.

Pengertian

Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru). Paragraf juga berarti alinea.

Suatu paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok suatu paragraf, sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau akhir paragraf.


Dalam suatu paragraf umumnya memiliki lebih dari satu kalimat penjelas.Kalimat penjelas atau kalaimat pendukung adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

Bagian-bagian Paragraf

1. Ide Pokok Paragraf

Ide pokok dalam suatu paragraf artinya adalah topik utama atau inti pokok pembicaraan dalam suatu paragraf. Umumnya ide pokok paragraf dapat ditemukan pada kalimat utama paragraf. Suatu paragraf yang baik adalah suatu paragraf yang hanya memiliki satu ide pokok.

2 Simpulan Paragraf

Simpulan paragraf adalah pendapat terakhir yang diperoleh dari uraian penjelasan. Simpulan suatu paragraf dapat didapatkan dari seluruh isi bacaan.

Jenis-jenis Paragraf

Berdasarkan isinya paragraf dibedakan menjadi lima macam, yaitu:

  1. paragraf argumentasi, 
  2. paragraf eksposisi, 
  3. paragraf persuasi, 
  4. paragraf narasi, 
  5. paragraf deskripsi.

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragram di bagi menjadi dua jenis, yaitu: pargraf deduktif dan paragraf induktif.

  1. Paragraf deduktif, kalimat utamanya berada atau terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif, kalimat utamanya berada atau terletak di akhir paragraf.

Kesimpulan

"Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. Suatu paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok suatu paragraf, sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya dibedakan menjadi lima macam, yaitu paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf persuasi, paragraf narasi, paragraf deskripsi"

Belum ada Komentar untuk "Paragraf: Pengertian, Bagian, Jenis Dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel