Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Paragraf, Jenis, Bagian, Isi Dan Contohnya

Pengertian Paragraf, Jenis, Bagian, Isi Dan Contohnya

Glosaria.com - Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan, dimana dalam satu paragraf terdiri dari beberapa jumlah baris kalimat yang idealnya terdiri dari 4 sampai 10 baris kalimat.

Pengertian Paragraf

Suatu bacaan atau karangan biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf atau alinea adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. Untuk memahami isi bacaan tersebut, harus diketahui pesan-pesan yang terkandung dalam masing-masing paragraf. Seingga, susunan kalimat tersebut harus padu agar isi bacaan dapat tersampaikan dengan baik.

Dalam menyusun paragraf diperlukan hubungan yang padu antara kalimat satu dengan kalimat yang lain. Paragraf padu adalah paragraf yang dapat menyampaikan pesan secara benar. paragraf padu yang baik harus mempunyai kalimat utama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, paragraf ialah suatu bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru). Selain itu, paragraf disebut juga dengan alinea.

Paragraf: Pengertian, Bagian, Jenis Dan Contohnya

Ilustrasi: Pengertian Paragraf

Komponen Paragraf

Secara umum sebuah paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Satu paragraf idealnya terdiri dari 4 sampai 10 baris kalimat, dan sebaiknya dalam satu paragraf minimal terdiri dari 3 kalimat dengan satu kalimat utama dan didukung oleh dua kalimat penjelas.

  • Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok dan biasanya terdapat di awal atau diakhir paragraf. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok atau gagasan pokok.
  • Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama atau disebut juga kalimat pendukung atau gagasan pendukung dan biasanya dalam satu paragraf, kalimat penjelas ini terdiri lebih dari satu kalimat.

Perbedaan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah pada gagasan pokok mengandung ide pokok paragraf sedangkan pada gagasan pendukung menjelaskan kalimat utama.

Bagian-bagian Paragraf

Suatu paragraf terdiri atau tersusun dari dua bagian, yaitu bagian ide pokok dan bagian simpulan. 

1. Ide Pokok Paragraf

Ide pokok dalam suatu paragraf adalah topik utama atau inti pokok pembicaraan dalam suatu paragraf. Umumnya ide pokok paragraf dapat ditemukan pada kalimat utama paragraf. Suatu paragraf yang baik adalah suatu paragraf yang hanya memiliki satu ide pokok. Ide pokok disebut juga dengan gagasan utama atau gagasan pokok.

2. Simpulan Paragraf

Simpulan paragraf adalah pendapat terakhir yang diperoleh dari uraian penjelasan. Simpulan suatu paragraf dapat didapatkan dari seluruh isi bacaan.

Jenis-jenis Paragraf

Dalam klasifikasinya, paragraf dikelompokkan menurut isinya dan berdasarkan letak kalimat utamanya. Berikut adalah 7 jenis paragraf berdasarkan isi dan letak kalimat utamanya.

Berdasarkan isinya, paragraf dibedakan menjadi lima jenis, antara lain yaitu paragraf argumentasi, eksposisi, persuasi, narasi, dan deskripsi.

  • Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan membujuk atau meyakinkan pembaca agar menerima gagasan yang disampaikan dalam suatu bacaan. Ciri-ciri paragraf persuasi antara lain yaitu menggunakan bahasa yang menarik, mengandung kalimat ajakan seperti ayo dan laksanakan dan mengandung akhiran -lah seperti bersihkanlah, jagalah.
  • Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang gagasan yang diikuti dengan alasan yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar menerima ide bacaan dengan alasan-alasan yang disampaikan dalam kalimat bacaan tersebut. Ciri-ciri paragraf argumentasi, yaitu terdapat data, tabel, diagram atau gambar, dan diakhir paragraf biasanya terdapat kesimpulan.
  • Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menguraikan gagasan dengan tujuan untuk menjelaskan sesuatu. Biasanya pada pargraf eksposisi berbentuk kiat-kiat atau petunjuk. Ciri-ciri paragraf eksposisi, yaitu ditulis berdasarkan fakta, bersifat menguraikan atau membahas, dan tidak bersifat mempengaruhi.
  • Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan sesuatu berdasarkan urutan waktu. Ciri-ciri pargraf narasi adalah terdapat tokoh, latar, suasana, dan alur. Biasanya pada paragraf narasi lebih mementingkan urutan waktu dan biasanya digunakan dalam bacaan fiksi.
  • Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek secara detail dengan tujuan agar pembaca seolah ikut melihat, mendengar dan merasakan apa yang ditulis dalam bacaan. Ciri-ciri paragraf deskripsi yaitu menggambarkan objek yang secara detail, melibatkan panca indra seperti penglihatan, pendengaran, peraba, dan banyak menggunakan kata sifat.

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibagi menjadi dua jenis, yaitu: paragraf deduktif dan paragraf induktif.

  • Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada atau terletak di awal paragraf.
  • Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada atau terletak di akhir paragraf.

Kesimpulan

  1. Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. 
  2. Sebuah paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. 
  3. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok suatu paragraf
  4. Kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut kalimat penjelas atau kalimat pendukung. 
  5. Gagasan pokok adalah kalimat utama atau gagasan utama
  6. Paragraf yang kalimat utamanya terletak diawal paragraf disebut paragraf deduktif
  7. Paragraf yang kalimat utamanya terletak dialhir paragraf disebut paragraf induktif
  8. Ide utama dari sebuah paragraf disebut ide pokok atau gagasan pokok
  9. Gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf disebut gagasan pendukung
  10. Gagasan utama dalam sebuah paragraf juga disebut ide pokok.

Posting Komentar untuk "Pengertian Paragraf, Jenis, Bagian, Isi Dan Contohnya"