Sunday, February 16, 2020

Paragraf

paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. Suatu paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok suatau paragraf, sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Dalam suatu paragraf umumnya memiliki lebih dari satu kalimat penjelas. Jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya dibedakan menjadi lima macam, yaitu paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf persuasi, paragraf narasi, paragraf deskripsi.

Definisi Paragraf di KBBI

Arti kata "paragraf" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru); alinea.

Intisari

"Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang disusun dan saling berhubungan. Suatu paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung ide pokok suatau paragraf, sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya dibedakan menjadi lima macam, yaitu paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf persuasi, paragraf narasi, paragraf deskripsi"