Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalimat Utama: Pengertian, Ciri-ciri, Letak dan Contohnya

Kalimat Utama: Pengertian, Ciri-ciri, Letak dan Contohnya

Glosaria.com - Suatu paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama biasanya terletak di awal atau akhir paragraf dan biasanya mengandung gagasan utama yang memuat pokok informasi dalam teks bacaan.

Pengertian Kalimat Utama

Ide pokok suatu teks atau bacaan dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang didalamnya mengandung pokok pikiran yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Ide pokok adalah topik utama yang menjadi pembahasan dalam bacaan tersebut,  Kalimat utama biasanya terdapat di awal, di akhir atau di awal dan di akhir paragraf. 

BACA: Pengertian Paragraf, Jenis, Bagian, Isi Dan Contohnya

Ciri-ciri Kalimat Utama

Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat utama pada suatu teks bacaan:

  1. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok atau gagasan pokok. Oleh karena itu pada kalimat utama akan mengandung ide pokok.
  2. Kalimat utama dalam suatu paragraf akan dijelaskan oleh dua atau lebih kalimat pendukung. Hal ini disebabkan kalimat utama biasanya mengandung pernyataan umum, sehingga perlu dijelaskan dan dikembangkan pada kalimat pendukung/penjelas.
  3. Satu paragraf idealnya terdiri dari 4 sampai 10 baris kalimat, dan sebaiknya dalam satu paragraf minimal terdiri dari 3 kalimat dengan satu kalimat utama dan didukung oleh dua kalimat penjelas.
  4. Letak kalimat utama, biasanya terletak di awal paragraf, namun dapat juga di akhir, di tengah atau  dapat juga terletak dikeduanya yaitu di awal dan akhir paragraf.
  5. Letak kalimat utama dapat diketahui dari jenis paragraf pada bacaan tersebut. Selengkapnya, akan kita bahas dibawah ini ya.

Letak Kalimat Utama Berdasarkan Jenis Paragraf

Kalimat utamanya sering dijumpai pada awal paragraf, namun bisa juga terdapat ditengah, akhir atau bahkan di awal dan di akhir paragraf. 

Berikut ini adalah ciri-ciri letak kalimat utama berdasarkan jenis paragrafnya:

  • Paragraf deduktif, pada paragraf deduktif kalimat utama terletak di awal paragraf. Ciri dari paragraf ini yaitu terdapat pengulangan kata pada kalimat penjelas.
  • Paragraf induktif, pada paragraf induktif kalimat utama terletak di akhir paragraf.
  • Paragraf campuran, pada paragraf campuran kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf.
  • Paragraf naratif atau deskriptif, pada paragraf ini tidak memiliki kalimat utama, sehingga jika ingin tau ide pokok harus memahami keseluruhan bacaan.

Kalimat Utama Pada Paragraf Deskripsi dan Narasi

Kalimat utama berisi ide pokok paragraf. Akan tetapi pada paragraf biografi pokok informasi tidak secara langsung terdapat pada ide pokok yamg biasanya ada pada kalimat utama.

Biografi termasuk ke dalam teks narasi, yang umumnya dikembangkan secara deskriptif dan naratif. Paragraf deskriptif dan naratif memiliki kesamaan bahwa ide pokoknya tidak terdapat dalam satu kalimat. Sehingga untuk mengetahui ide pokoknya harus benar-benar memahami teks tersebut.

Untuk mengetahui informasi pokok dalam teks biografi, pembaca harus benar-benar memahami isi teks tersebut. Kemudian baru dapat menentukan isi pokoknya, bukan berdasarkan ide pokok yang biasanya terdapat dalam kalimat utama.


Contoh Menemukan Kalimat Utama Pada Teks

Contoh teks:

    Kebakaran hutan pernah melanda dan penebangan pohon mengakibatkan hutan gundul serta sumber mata air mati. Warga desa yang tinggal di lereng gunung itu selalu mengalami kekuarangan air bersih ketika musim kemarau melanda. Sungai yang menjadi sumber mata air mengering. Namun, keaadaan mulai membaik dalam beberapa tahun terakhir. Usaha suprapto yang menanam bibit pohon di hutan menuai hasil setelah beberapa mata air yang bersumber di Gunung itu kembali mengalir dan menghidup warga yang tinggal disekitar lereng gunung.

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah "Usaha suprapto yang menanam bibit pohon di hutan menuai hasil setelah beberapa mata air yang bersumber di Gunung itu kembali mengalir dan menghidup warga yang tinggal disekitar lereng gunung". Pada teks tersebut kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.


Kesimpulan

  1. Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok
  2. Kalimat utama didukung oleh dua atau lebih kalimat penjelas
  3. Letak kalimat utama dapat berada di awal, di akhir atau di awal dan di akhir kalimat


Posting Komentar untuk "Kalimat Utama: Pengertian, Ciri-ciri, Letak dan Contohnya"