Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Perpindahan Panas Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari


Macam-macam Perpindahan Panas Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Glosaria.com - Panas dapat berpindah dengan tiga cara, yaitu konduksi, konveksi dan radiasi. Berikut ini adalah 3 macam perpindahan panas beserta contohnya.

Jenis-jenis Perpindahan Panas

Setidaknya ada 3 macam perpindahan kalor (heat transfer) yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

  • Konduksi adalah perpindahan panas melalui zat perantara tanpa diikuti aliran zat perantaranya. Contohnya, sendok logam yang digunakan untuk mengaduk minuman kopi panas lama-kelamaan ujung sendok akan menjadi panas.
  • Konveksi adalah perpindahan panas melalui zat perantara yang diikuti aliran zat perantaranya. Contohnya, terjadinya angin darat dan angin laut.
  • Radiasi adalah perpindahan panas tanpa melalui zat perantara. Contoh radiasi adalah perpindahan panas matahari yang sampai ke bumi.

Perpindahan Panas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak contoh perisitiwa yang melibatkan heat transfer (perpindahan kalor). Tidak jarang perpindahan panas ini dimanfaatkan oleh manusia, seperti perpindahan panas dari matahari ke bumi secara radiasi untuk menjemur baju agar cepat kering.  

Berikut ini merupakan contoh-contoh perpindahan panas secara radiasi, konduksi, dan konveksi.

Contoh perpindahan panas secara radiasi

Menjemur pakaian. Ketika mencuci pakaian, pakaian basah akan dijemur dibawah terik panas sinar matahari. Setelah beberapa jam pakaian basah tersebut akan menjadi kering. Hal tersebut terjadi karena ada perpindahan panas secara radiasi. Perpindahan panas dari matahari ke pakaian yang dijemur terjadi secara radiasi karena tidak melalui zat perantara. Contoh lainnya adalah menghangatkan tubuh dengan cara mendekati perapian.

Contoh Perpindahan panas secara konduksi

Memasak bubur. Ketika memasak bubur maka perlu diaduk menggunakan sendok pengaduk yang terbuat dari logam. Selama mengaduk masakan tersebut lama-kelamaan ujung sendok akan terasa panas. Hal tersebut terjadi karena ada perpindahan panas secara konduksi. Perpindahan panas dari bubur melewati ujung sendok tidak diikuti oleh aliran zat perantara. Perpindahan panas tersebut disebut konveksi. Contoh lainnya adalah pangkal batang besi terasa panas jika ujungnya dibakar.

Macam-macam Perpindahan Panas Dan Contohnya
Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi, Radiasi

Contoh Perpindahan panas secara konveksi

Air yang dimasak dalam panci lama-kelamaan mendidih seluruhnya. Hal tersebut terjadi karena panas dari dasar panci berpindah kepermukaan bersama gerakan air. Peristiwa tersebut merupakan contoh perpindahan panas secara konveksi.

Kesimpulan

  1. Perpindahan panas melalui zat perantara dinamakan konduksi jika tanpa diikuti aliran zat perantarnya, dan disebut konveksi jika disertai dengan aliran zat perantaranya.
  2. Perpindahan panas tanpa melalui zat perantara disebut radiasi. Contohnya panas matahari ke bumi.
  3. Perpindahan panas ketika kita memasak air adalah konveksi.
  4. Perpindahan panas di atmosfer sebagian besar terjadi secara radiasi.
  5. Perpindahan panas secara konveksi dapat terjadi pada zat cair dan gas.


Posting Komentar untuk " Macam-macam Perpindahan Panas Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari"