Pengertian Karantina Wilayah dan Lockdown

Karantina wilayah adalah mengisolasi/mengasingkan suatu wilayah dengan melakukan penutupan suatu wilayah yang bertujuan untuk mengatasi penyebaran suatu penyakit. Dalam bahasa asing disebut dengan lockdown. Orang yang bekerja di karantina atau orang dikarantinakan disebut dengan karantinawan. Artikel ini membahas tentang pengertian karantina wilayah.

Pengertian Karantina Wilayah

Karantina wilayah adalah kegiatan mengisolasi atau mengasingkan suatu wilayah dengan cara melakukan penutupan yang bertujuan untuk mengatasi penyebaran suatu wabah penyakit. Ketika dilakukan karantina wilayah di suatu daerah atau negara maka masyyarakat tidak diperkenankan keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan atau masyarakat tidak bisa bebas berkeliaran dimana akses keluar masuk wilayah ditutup. Jika disuatu wilayah diberlakukan karantina wilayah maka fasilitas publik harus ditutup, seperti sarana transportasi umum, sekolah, kampus, kantor dan sebagainya. Petugas keamanan akan berpatrolili keliling untuk pengamanan. Wilayah yang dikarantina diberikan tanda karantina, dijaga oleh aparat, masyarakat tidak boleh keluar masuk dengan beba. Di tahun 2020 untuk mengatasi wabah virus conora covid-19 negara china atau tinongkok memberlakukan lockdown untuk wilayah terdampak virus yaitu wuhan.

Pengertian Karantina Wilayah di KBBI

Arti karantina wilayah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karantina wilayah terdiri dari dua kata, yaitu karantina dan wilayah. Berikut arti kedua istilah tersebut menurut KBBI.

Definisi Karantina di KBBI

  1. Tempat penampungan yg lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dsb) penyakit dsb;
  2. Tempat untuk menahan ternak impor yang baru datang dari luar negeri, guna mencegah penyebaran penyakit menular

Definisi Wilayah di KBBI

  1. Daerah;lingkungan daerah (provinsi, kabupaten, kecamatan)

Istilah Terkait Karantina Wilayah

Berikut ini istilah-istilah kata yang berkaitan dengan karantina wilayah yang mungkin dapat menjadi referensi tambahan:
swakarantina, karantinawan, virus, wabah, corona, covid-19, wuhan

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Karantina Wilayah dan Lockdown"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel