Monday, March 23, 2020

Limbah

Limbah adalah bahan sisa dari suatu proses aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomi. Menurut KBBI limbah memiliki beberapa arti/definisi. Secara umum, jenis limbah terbagi menjadi limbah padat, cair, gas dan B3. Namun secara terperinci dapat diklasifikasikan kedalam berbagai macam. Artikel ini membahas tentang pengertian dan jenis-jenis limbah.

Pengertian Limbah

Limbah adalah bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan mempunyai nilai ekonomi yang negatif. Limbah umumnya didefinisikan sebagai bahan sisa proses produksi atau barang rusak atau cacat dalam proses produksi. Secara umum limbah dikelompokkan menjadi limbah padat, limbah cair, dan limbah gas (udara). Namun lebih rincinya limbah dikelompokkan dalam beberapa kelompok, berdasarkan bentuknya: limbah cair, padat, gas (udara), berdasarkan sifatnya: limbah organik dan limbah anorganik, berdasarkan sumbernya: limbah industri dan limbah rumah tangga (domestik).

Pengertian Limbah di KBBI

Arti kata limbah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beberapa arti/definisi, yaitu:
  1. Limbah adalah sisa proses produksi;
  2. Limbah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian
  3. Limbah adalah barang rusak atau cacat dalam proses produksi;

Jenis-jenis Limbah

Limbah Cair

Limbah cair adalah limbah yang berbentuk cairan atau berada dalam fase cair, limbah cair juga didefinisikan sebagai air yang mengandung atau membawa sampah atau limbah. Limbah cair dapat bersumber dari rumah tangga, industri, pertanian, peternakan, dan sebaginya. Contoh limbah cair yaitu, air seni atau urine, air sisa pencucian alat atau bahan, air sisa proses produksi industri, air limbah rumah sakit, dan sebagainya.

Limbah Padat

Limbah padat adalah limbah yang berbentuk padatan atau berada dalam fasa padat. Limbah padat dapat bersumber dari rumah tangga, industri, pertanian, peternakan, dan sebagainya. Contoh Limbah padat yaitu, plastik, kaca, daun, dan sebagainya.

Limbah gas

Limbah gas (udara) adalah limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fasa gas, biasanya dihasilkan dari proses pembakaran. Limbah gas dapat bersumber dari kegiatan memasak rumah tangga, kendaraan bermotor/transportasi, industri yang menghasilkan limbah gas, dan sebagainya. Contoh limbah gas antara lain yaitu, gas karbon monoksida (CO), Nitrogen oksida (NOx), Sulfur oksida (SOx) dan sebagainya.

Limbah organik

limbah organik adalah limbah limbah yang mengandung senyawa-senyawa organik atau bersumber dari makhluk hidup. Contoh limbah organik yaitu, sampah dedaunan, sampah sayuran dan buah-buahan, dan sebagainya.

Limbah anorganik

Limbah anorganik adalah limbah yang lebih banyak mengandung senyawa-senyawa anorganik.  Contoh limbah anorganik, kaca, plastik, logam, besi, dan sebagainya.

Istilah Terkait Limbah

Berikut ini istilah-istilah kata yang berkaitan dengan limbah yang mungkin dapat menjadi referensi tambahan:
Limbah bangunan dan bongkaran, limbah halaman, limbah industri, limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah peternakan, limbah perkantoran, limbah b3