Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Limbah Berdasarkan Sumber, Wujud, Senyawa

Jenis Limbah Berdasarkan Sumber, Wujud, Senyawa

Pengertian Limbah

Secara umum, definisi limbah adalah bahan terbuang yang bersumber dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan justru  mempunyai nilai ekonomi yang negatif atau merugikan.

Penggolongan Jenis-jenis Limbah

Secara umum, jenis limbah hanya dikenal dalam beberapa kelompok seperti limbah organik dan limbah anorganik, limbah domestik dan limbah industri, dan sebagainya. Akan tetapi sudah banyak sekali referensi yang telah mengklasifikasikan limbah kedalam beberapa kelompok yang lebih terstruktur berdasarkan sumber, jenis pencemar, dan bentuk. Berikut ulasan selengkapnya.

Jenis Jenis Limbah

A. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, dikelompokkan menjadi:
  1. Limbah domestik atau rumah tangga
  2. Limbah Industri
  3. Limbah Perkantoran
  4. Limbah Pertanian
  5. Limbah Peternakan
  6. Limbah Pertambangan
  7. Limbah Pariwisata
  8. Limbah Rumah Sakit/Medis

B. Jenis Limbah Berdasarkan Jenis Senyawanya

Berdasarkan jenis senyawanya terdiri dari limbah organik dan anorganik.

1. Limbah Organik

Limbah organik adalah kelompok limbah yang mengandung unsur-unsur senyawa organik atau berasal dari makhluk hidup. Kelompok ini relatif lebih mudah diuraikan oleh mikroorganisme secara alami. Limbah organik dapat juga disebut dengan limbah non anorganik.Contohnya yaitu sampah dedaunan pertanian seperti jerami, sampah sayuran dan buah-buahan sisa dapur, sisa makanan, dan sebagainya.

2. Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah kelompok limbah yang lebih banyak mengandung senyawa-senyawa anorganik. Berbeda dari jenis sebelumnya, golongan limbah ini tidak mudah terurai oleh mikroorganisme. Butuh waktu lama bagi limbah anorganik untuk dapat terurai, beberapa bahkan tidak dapat diuraikan. contohnya adalah plastik dan logam yang membutuhkan waktu hingga 100 tahun untuk dapat terurai, limbah kaca membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, pun dengan limbah karet seperti ban.

3. Limbah B3 Bahan Berbahaya dan Beracun

Limbah B3 adalah limbah yang mengandung senyawa atau bahan beracun dan berbahaya. Golongan ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mencemari ataupun merusak lingkungan. Beberapa sifat limbah B3 antara lain bersifat beracun, reaktif, korosif, mudah meledak, dan mudah terbakar. Contoh limbah B3 yaitu logam berat seperti kromium (Cr), Merkuri (Hg),Cadmium (Cd), Nikel (Ni), Tembaga (Cu), limbah radioaktif.
Klasifikasi limbah, jenis-jenis berdasarkan wujudnya, senyawanya, sumbernya
Klasifikasi limbah

 C. Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

 Kelompok jenis ini terdiri dari:

 1. Limbah Padat

 Adalah limbah yang berbentuk padatan atau berada dalam fasa padat. Contohnya plastik, kaca, kayu, kain, sedotan dan sebagainya.

2. Limbah Cair

Adalah adalah limbah yang berbentuk cairan atau berada dalam fase cair, limbah cair juga didefinisikan sebagai air yang mengandung atau membawa sampah atau limbah seperti air limbah tempe.

3. Limbah Gas

Adalah kelompok limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fasa gas, biasanya dihasilkan dari proses pembakaran. Contohnya emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dan mesin-mesin yang menggunakan pembakaran energi fosil.

Posting Komentar untuk "Jenis Limbah Berdasarkan Sumber, Wujud, Senyawa"