3 Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya dan Contohnya

Penggolongan Jenis Limbah Berdasarkan Wujud
Pengelompokkan Limbah Berdasarkan Wujudnya
Secara umum terdapat beberapa macam pengelompokan jenis-jenis limbah, yaitu menurut sumber, menurut jenis pencemar, dan menurut bentuk atau wujudnya.
 
Jenis limbah berdasarkan bentuk atau wujudnya terdiri dari 3 macam, yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas atau udara.
 
Simak rangkuman pembahasan 3 jenis limbah berdasarkan wujudnya dalam artikel ringkas berikut ini
.

1. Limbah Padat

limbah padat jenis limbah berdasarkan wujudnya
Contoh limbah padat
Sampah yang seringkali dijumpai dipasar seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kantong-kantong plastik adalah contoh limbah padat. Di tempat-tempat umum biasanya disediakan suatu bak atau tempat sampah. Tempat-tempat sampah tersebut biasanya digunakan untuk tempat menampung sementara sampah-sampah padatan.

Dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan definisi limbah padat secara sederhana, yaitu limbah yang berbentuk padatan atau berada dalam fasa padat. Dalam KBBI sendiri limbah padat memiliki arti bahan yang tidak memiliki kegunaan, tak diinginkan atau dibuang dengan kandungan cairan yang sedikit/atau tidak cukup untuk dapat bebas mengalir.

Limbah padat dapat berasal dari limbah domestik maupun industri. Plastik kemasan produk, botol-botol, sedotan merupakan beberapa contoh limbah padat yang sering mendapat perhatian dan banyak dibicarakan.

Penanganan limbah padat domestik biasanya dikumpulkan terlebih dahulu di tempat pengumpulan sementara kemudian ditumpuk disebuah lahan yang sering disebut tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Penimbunan ini kemudian memicu permasalahan baru, seperti semakin banyaknya volume sampah dan semakin terbatasnya ruang untuk dijadikan TPA. Permasalahan itu kemudian memicu orang-orang kreatif yang peduli untuk kemudian mengolah sampah seperti plastik dan botol menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai seni.

Berbeda dengan limbah padat yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari atau dari sumber rumah tangga. Limbah padat dari industri biasanya dilakukan pengolahan dengan dibakar menggunakan suatu alat yang disebut insinerator. Lebih lanjut tentang pembakaran sampah dengan ininerator akan kita bahas di artikel selanjutnya.
 

2. Limbah Cair

contoh  wujud limbah cair
Contoh Pencemaran Limbah Cair

 Jenis limbah berdasarkan wujudnya yang kedua adalah limbah cair. Sesuai dengan istilahnya, limbah cair adalah limbah yang berbentuk cairan atau berada dalam fase cair, limbah cair juga didefinisikan sebagai air yang mengandung atau membawa sampah atau limbah.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia limbah cair adalah air yang membawa sampah atau limbah yang bersumber dari rumah, bisnis, dan industri. Berdasarkan sumbernya limbah cair dapat berasal dari limbah cair rumah tangga/domestik dan industri.

Berbeda dengan limbah padat, limbah cair lebih banyak mengundang perhatian, khususnya pada jenis limbah cair yang berasal dari kegiatan industri. Hal ini dikarenakan pada limbah cair yang berasal dari kegiatan industri di khawatirkan mengandung bahan-bahan atau senyawa berbahaya yang apabila tidak dilakukan penanganan dengan pengolahan yang tepat dapat memicu terjadinya pencemaran lingkungan perairan.

Oleh karena itu kita sering mendengan istilah IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) atau WWTP (Waste Water Threatment Plant) sebagai salah satu usaha pengolahan air limbah sebelum dibuang bdan air.

Contoh limbah cair domestik (rumah tangga) antara lain yaitu, air sabun,urin,air cucian beras,air tinja. Sedangkan contoh limbah cair industri yaitu, limbah cair industri tahu & tempe seperti air sisa rendaman kedelai yang mengandung banyak senyawa organik. Limbah cair pertanian sisa pestisida residu insektisida dan limbah cair industri lainnya seperti limbah zat warna.

3. Limbah Gas

contoh wujud limbah gas
Contoh Limbah Gas

Emisi yang dikeluarkan oleh kendaran bermotor adalah salah contoh limbah berbentuk gas. Limbah gas adalah limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fasa gas, biasanya dihasilkan dari proses pembakaran, terutama pembakaran bahan bakar fosil, seperti pada pembangkit tenaga listrik berbasis batu bara ataupun dari kendaraan berbahan bakar fosil.

Limbah gas merupakan salah satu komponen yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara dan menjadi penyebab adalah hampir setiap orang. Hal ini karen hampir setiap orang melakukan kegiatan yang melibatkan proses pembakaran yang menghasilkan emisi gas buang. Contohnya dari kegiatan berkendara dengan kendaraaan bermotor.

Contoh limbah gas: SOx, NOX hasil sisa pembakaran bahan bakar fosil, karbon monoksida, metana, CFC dan sebagainya.

limbah gas, limbah cair dan limbah padat merupakan limbah yang dikelompokkan berdasarkan bentuk atau wujudnya

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel