Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya dan Contohnya

3 Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya: Padat, Cair, Gas

Berdasarkan wujudnya limbah dapat dibagi menjadi 3 macam, antara lain adalah limbah padat, limbah cair, dan limbah gas atau udara. 

  • Contoh limbah padat antara lain yaitu plastik, kaca, dan besi baja
  • Contoh limbah cair adalah air sabun dan air sisa pencucian rumah tangga seperti air cuci piring.
  • Contoh limbah gas yang paling sering kita jumpai yaitu emisi yang berasal dari asap kendaran bermotor

Pengertian Limbah

Secara umum limbah dapat didefinisikan sebagai suatu zat atau bahan sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi. Limbah dalam pengertian yang lebih luas merupakan bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan seringkali justru memiliki dampak yang bersifat negatif bagi makhluk hidup maupun lingkungan.

Karakteristik limbah dapat dilihat dari sudut pandang kimia, fisika dan biologi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas suatu limbah dipengaruhi oleh volume limbah, kandungan bahan pencemar dan frekuensi pembuangan limbah.

Jenis-jenis Limbah

Pada dasarnya terdapat 3 macam klasifikasi jenis-jenis limbah, yaitu menurut sumbernya, jenis pencemar yang terkandung, dan menurut bentuk atau wujudnya.

  • Berdasarkan sumbernya limbah dapat berasal dari limbah industri dan domestik (rumah tangga).
  • Berdasarkan jenis pencemarnya limbah dapat dibagi menjadi limbah organik, anorganik dan limbah b3 (bahan beracun dan berbahaya). 
  • Sedangkan berdasarkan bentuknya limbah terdiri dari limbah padat, cair dan gas.  

Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya
Pengelompokkan Limbah Berdasarkan Wujudnya

Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya limbah dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas atau udara.

Berikut ini adalah jenis-jenis wujud limbah berdasarkan wujudnya beserta dengan contohnya:

1. Limbah Padat

limbah padat jenis limbah berdasarkan wujudnya
Contoh limbah padat

Pengertian Limbah Padat

Limbah padat adalah limbah yang berbentuk padatan. Sampah yang seringkali dijumpai di pasar seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kantong-kantong plastik adalah contoh limbah padat. Di tempat-tempat umum biasanya disediakan suatu bak atau tempat sampah. Tempat-tempat sampah tersebut biasanya digunakan sebagai tempat menampung sementara sampah-sampah padatan.

Dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan definisi limbah padat secara sederhana, yaitu limbah yang berbentuk padatan atau berada dalam fasa padat. Menurut KBBI sendiri limbah padat memiliki arti bahan yang tidak memiliki kegunaan, tak diinginkan atau dibuang dengan kandungan cairan yang sedikit/atau tidak cukup untuk dapat bebas mengalir.

Sumber Limbah Padat

Limbah padat dapat berasal dari limbah domestik maupun industri. Plastik, beling dan baja adalah contoh dari limbah padat yang sering dihasilkan dari aktivitas sehari-hari. Sedangkan plastik kemasan produk, botol-botol, sedotan merupakan contoh limbah padat yang sering mendapat perhatian dan banyak dibicarakan karena volumenya sangat besar dan potensinya dalam mencemari lingkungan. Selain itu limbah plastik tersebut susah untuk diuraikan.

Penanganan Limbah Padat

Penanganan limbah padat domestik biasanya dikumpulkan terlebih dahulu di tempat pengumpulan sementara kemudian ditumpuk disebuah lahan yang sering disebut tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Penimbunan ini kemudian memicu permasalahan baru, seperti semakin banyaknya volume sampah dan semakin terbatasnya ruang untuk dijadikan TPA

Permasalahan itu kemudian memicu orang-orang kreatif yang peduli untuk kemudian mengolah sampah seperti plastik dan botol menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai seni. 

Metode pengolahan limbah yang seperti pengolahan menjadi produk kerajinan sering mendapat apresiasi karena mengubah barang bersifat negatif menjadi bernilai ekonomi. Tentu kita pernah mendengar tentang beberapa metode pengelolaan limbah seperti daur ulang (recycle) dan penggunaan kembali (reuse).

Berbeda dengan limbah padat domestik yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari yang bersumber dari aktivitas rumah tangga. Limbah padat dari industri biasanya dilakukan pengolahan dengan cara dibakar menggunakan suatu alat yang disebut insinerator. Pembakaran sampah padat dengan insenerator ini bisa dibilang cara modern bahkan sudah ada metode pembakaran sampah untuk kemudian dijadikan bahan bakar pembangkit listrik. Apakah kamu sudah pernah mendengar pembangkit listrik tenaga sampah?

Lebih lanjut tentang pembakaran sampah dengan insinerator akan kita bahas di artikel selanjutnya.

2. Limbah Cair

contoh  wujud limbah cair
Contoh Pencemaran Limbah Cair

Pengertian Limbah Cair

Limbah cair merupakan salah satu jenis limbah berdasarkan wujudnya. Sesuai dengan istilahnya, limbah cair adalah limbah yang berbentuk cairan atau berada dalam fase cair, limbah cair juga didefinisikan sebagai air yang mengandung atau membawa sampah atau limbah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia limbah cair adalah air yang membawa sampah atau limbah yang bersumber dari rumah, bisnis, dan industri. 

Sumber Limbah Cair

Berdasarkan sumbernya limbah cair dapat berasal dari limbah industri dan limbah domestik atau dari hasil kegiatan rumah tangga, perkantoran maupun restoran dan jasa laundry. Perikanan juga menghasilkan limbah cair perikanan lho..

Pengolahan Limbah Cair

Taukah kamu bagaimana pengolahan limbah cair? Berbeda dengan limbah padat, limbah cair lebih banyak mengundang perhatian, khususnya pada jenis limbah cair yang berasal dari kegiatan industri. Hal ini dikarenakan pada limbah cair yang berasal dari kegiatan industri di khawatirkan mengandung bahan-bahan atau senyawa berbahaya yang apabila tidak dilakukan penanganan dengan pengolahan yang tepat dapat memicu terjadinya pencemaran lingkungan perairan.

Ketika lingkungan sudah tercemar, maka makhluk hidup yamg hidup disekitarnya akan terancam. Seperti kita manusia, jika mengkonsumsi minuman dan makanan yang tercemar maka dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu kita sering mendengan istilah IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) atau WWTP (Waste Water Threatment Plant) sebagai salah satu usaha pengolahan air limbah sebelum dibuang badan air. Nah, untuk materi ini dapat kamu baca pada artikel berikut ya..

Baca: 2 Proses Pengolahan Air Limbah

Contoh Limbah Cair

Contoh limbah cair domestik yang berasal dari rumah tangga antara lain yaitu, air sabun, urin, air cucian beras dan air tinja. Sedangkan contoh limbah cair industri yaitu, limbah cair industri tahu & tempe seperti air sisa rendaman kedelai yang mengandung banyak senyawa organik. Limbah cair pertanian sisa pestisida residu insektisida dan limbah cair industri lainnya seperti limbah zat warna.

3. Limbah Gas

contoh wujud limbah gas
Contoh Limbah Gas

Pengertian Limbah Gas

Limbah gas merupakan salah satu komponen yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara dan salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah hampir setiap orang. Hal ini karen hampir setiap orang melakukan kegiatan yang melibatkan proses pembakaran yang menghasilkan emisi gas buang. Contohnya dari kegiatan berkendara dengan kendaraan bermotor.

Sumber Limbah Gas

Emisi yang dikeluarkan oleh kendaran bermotor adalah salah contoh limbah berbentuk gas. Limbah gas adalah limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fasa gas, biasanya dihasilkan dari proses pembakaran, terutama pembakaran bahan bakar fosil, seperti pada pembangkit tenaga listrik berbasis batu bara ataupun dari kendaraan berbahan bakar fosil.

Contoh Limbah Gas

Contoh limbah gas antara lain gas sulfur dioksida (SOx) dan nitrogen oksida (NOx) hasil dari sisa pembakaran bahan bakar fosil, karbon monoksida, metana, CFC dan sebagainya. Dampak dari limbah gas ini dapat secara luas. Tercemarnya atmosfer oleh SOx dan NOx dapat memicu terjadinya pemanasan global, hujan asam dan yang terparah dapat menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Contoh Soal

1. Wujud limbah berdasarkan wujudnya berikut adalah limbah… 
A. Pabrik
B. Sampah
C. Padat
D. Rumah tangga
E. Bahan bakar 
 
Jawab: C. Padat
Jenis limbah berdasarkan bentuk atau wujudnya terdiri dari 3 macam, yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas atau udara.
2. Sebutkan limbah berdasarkan wujudnya: gas, cair, padat

Kesimpulan

Berdasarkan wujudnya limbah dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu limbah padat, cair, dan gas atau udara.

Posting Komentar untuk "3+ Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya dan Contohnya"