3+ Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

Secara umum terdapat berbagai macam klasifikasi penggolongan jenis limbah. Berdasarkan wujudnya, limbah terdiri dari 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas atau udara. Berikut ini artikel selengkapnya.
Penggolongan Jenis Limbah Berdasarkan Wujud
Penggolongan Limbah Berdasarkan Wujud

Pengertian Limbah

Limbah adalah bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan mempunyai nilai ekonomi yang negatif. Limbah umumnya didefinisikan sebagai bahan sisa proses produksi atau barang rusak atau cacat dalam proses produksi. Limbah juga identik dengan barang tak terpakai, dan tidak digunakan lagi. Setidaknya ada 3 poin pengertian limbah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI), yaitu:
  1. Limbah adalah sisa proses produksi;
  2. Limbah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian
  3. Limbah adalah barang rusak atau cacat dalam proses produksi;

Perlu diketahui, sebelum dibuang ke lingkungan, idealnya limbah harus diolah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalaahan lingkungan. Kualitas limbah erat kaitannya dengan kandungan bahan pencemar yang terkandung didalamnya.

Jenis limbah berdasarkan wujudnya

1. Limbah Padat

Limbah padat adalah kelompok limbah yang berbentuk padatan atau berada dalam fasa padat. Menurut KBBI limbah padat adalah bahan yang tidak memiliki kegunaan, tak diinginkan atau dibuang dengan kandungan cairan yang sedikit/atau tidak cukup untuk dapat bebas mengalir. Limbah padat dapat berasal dari limbah domestik maupun industri. Salah satu contoh limbah padat yang sering mendapat perhatian dan banyak dibicarakan adalah plastik kemasan suatu produk, sedotan, botol dan sebagainya.

2. Limbah Cair

Limbah cair adalah limbah yang berbentuk cairan atau berada dalam fase cair, limbah cair juga didefinisikan sebagai air yang mengandung atau membawa sampah atau limbah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia limbah cair adalah air yang membawa sampah atau limbah yang bersumber dari rumah, bisnis, dan industri. Limbah cair dapat bersumber dari limbah rumah tangga, pertanian, maupun industri. Berbeda dengan limbah padat, pada jenis limbah cair, limbah yang berasal dari industri yang lebih banyak mengundang dan mendapat perhatikan. Hal ini dikarenakan pada limbah cair yang berasal dari kegiatan industri di khawatirkan mengandung bahan-bahan atau senyawa berbahaya yang apabila tidak dilakukan penanganan dengan pengolahan yang tepat dapat memicu terjadinya pencemaran lingkungan perairan. Maka tidak heran jika kita sering mendengan istilah IPAL atau WWTP (Waste Water Threatment Plant) sebagai salah satu usaha pengolahan air limbah.


3. Limbah Gas

Limbah gas adalah limbah yang berbentuk gas atau berada dalam fasa gas, biasanya dihasilkan dari proses pembakaran, terutama pembakaran bahan bakar fosil, seperti pada pembangkit tenaga listrik berbasis batu bara ataupun dari kendaraan berbahan bakar fosil. Limbah gas merupakan salah satu komponen yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran udara dan menjadi penyebab adalah hampir setiap orang. Hal ini karen hampir setiap orang melakukan kegiatan yang melibatkan proses pembakaran yang menghasilkan emisi gas buang. Contohnya dari kegiatan berkendara dengan kendaraaan bermotor.

Belum ada Komentar untuk "3+ Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel