Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

6+ Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Secara garis besar pengelompokan limbah berdasarkan sumbernya terdiri dari 2 macam, antara lain yaitu limbah industri dan limbah domestik. 

Berikut ini jenis-jenis limbah berdasarkan sumbernya dan contohnya:

  • Limbah industri yaitu limbah yang berasal dari pabrik
  • Limbah domestik merupakan limbah dari kegiatan rumah tangga seperti limbah kamar mandi dan sampah rumah tangga
  • Limbah perkantoran seperti tinta dan kertas
  • Limbah pertanian contohnya residu pupuk dan racun pestisida
  • Limbah perikanan seperti sisa tulang dan kepala serta jeroan ikan
  • Limbah pariwisata berbentuk sampah dan gas buang kendaraan transportasi
  • Limbah medis yang berasal dari rumah sakit seperti jarum suntik

Pengertian Limbah

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita review kembali tentang apa itu yang dimaksud dengan limbah

Limbah adalah bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan mempunyai nilai ekonomi yang negatif. 

Limbah umumnya didefinisikan sebagai bahan sisa proses produksi atau barang rusak atau cacat dalam proses produksi. 

Limbah juga identik dengan barang tak terpakai, dan tidak digunakan lagi. Setidaknya ada 3 poin pengertian limbah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI), yaitu:

  1. Limbah adalah sisa proses produksi;
  2. Limbah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian
  3. Limbah adalah barang rusak atau cacat dalam proses produksi.

Jenis-jenis Limbah

Secara umum klasifikasi limbah dapat dibagi menjadi tiga macam golongan, yaitu berdasarkan sumbernya, menurut senyawa penyusunnya dan jenis berdasarkan bentuk atau wujudnya. 

Dari semua jenis-jenis limbah tersebut, baik itu limbah yang bersumber dari kegiatan industri maupun limbah domestik, sebelum dibuang ke lingkungan, sebaiknya harus dilakukan pengelolaan dan pengolahan terlebih dahulu. 

Pengolahan limbah tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalahan lingkungan dikemudian hari. Permasalahan lingkungan dapat berupa pencemaran dan terganggunya makhluk hidup disekitarnya, dimana kualitas suatu limbah sangat berkaitan dengan kandungan bahan pencemar yang terkandung didalamnya.

Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Menurut sumbernya, limbah dapat berasal dari berbagai macam sumber, baik itu secara langsung berasal dari alam seperti terjadinya erupsi gunung berapi maupun bersumber dari aktivitas manusia. 

Simak infografis berikut ini untuk mempelajari pembagian jenis limbah berdasarkan sumbernya. 

Klasifikasi Penggolongan Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya
Klasifikasi Jenis Limbah Berdasar Sumber

Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis-jenis limbah menurut sumbernya:

1. Limbah Domestik

Limbah domestik disebut juga dengan limbah rumah tangga dan limbah pemukiman. Limbah domestik atau limbah rumah tangga berasal dari air limbah kamar mandi, dapur, sabun, deterjen, minyak, air seni, dan kakus. 

Beberapa kandungan yang cukup berbahaya dalam limbah domestik adalah kandungan dari senyawa penyusun detergen, sabun, sampo dan sebagainya. Jenis ini relatif tidak lebih berbahaya daripada jenis dari industri.

2. Limbah Industri

Limbah industri merupakan jenis limbah yang bersumber dari hasil kegiatan pabrik-pabrik. Untuk limbah jenis ini, masih dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok lagi. 

Pengelompokan limbah industri pada dasarnya didasarkan pada jenis-jenis industrinya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam industri itu terdiri dari berbagai macam sektor usaha, seperti industri kimia, textil, pertanian, farmasi dan lain sebagainya. Maka dari itu, jenis limbahnya pun bermacam-macam.

Berikut ini adalah contoh jenis-jenis limbah industri:

a. Limbah industri makanan

Merupakan limbah yang sumbernya dari industri yang bergerak di bidang makanan. Selain industri, usaha kecil juga termasuk kedalam kelompok ini. 

Kandungan senyawa kimia yang biasanya terdapat pada limbah industri pangan antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, mineral maupun bahan-bahan yang digunakan pada proses produksi yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan bau tak sedap. Contoh air limbah tahu, limbah pengolahan ikan dan sebagainya.

b. Limbah industri kimia

Untuk jenis limbah ini, dari namanya saja mungkin kita sudah tau kalau limbahnya berupa senyawa-senyawa bahan kimia yang dapat berupa padatan, cair, ataupun gas. Industri kimia biasanya menghasilkan limbah yang termasuk kedalam kategori limbah B3. 

c. Limbah industri pakaian

Dapat juga disebut dengan limbah industri textil. Limbah industri tekstil dapat berasal dari sisa pencucian, bahan pewarna pakaian atau zat warna, sisa-sisa kain tak terpakai dan sebagainya.

Diatas hanyalah beberapa contoh industri. Selain jenis-jenis yang disebutkan, masih ada beberapa lagi golongan seperti misalnya industri logam, barang elektronik, otomotif dan sebagainya.

3. Limbah pertanian

Ternyata pertanian juga termasuk kedalam salah satu sektor yang menghasilkan limbah. Sumber limbah pertanian berasal dari pemupukan dan penggunakan bahan-bahan pengendali hama atau pestisida yang kemudian juga dikenal dengan limbah pestisida

Pemupukan berlebih akan memberikan dampak negatif, misalnya senyawa amonia yang menguap ke atmosfer menghasilkan limbah berwujud gas. 

Selain itu, penggunaan obat-obatan pertanian atau pestisida juga dapat menimbulkan bioakumulasi pada produk pertanian. Dampaknya juga dapat bersifat negatif ke manusia. Contoh limbah pertanian adalah residu pestisida pada produk hasil pertanian. 

4. Limbah pertambangan

Pertambangan beberapa waktu lalu sempat jadi bahasan karena isu kerusakan lingkungan, khususnya pertambangan batubara. 

Limbah dari golongan ini berasal dari kegiatan proses pertambangan. Salah satu jenis bahan pencemar yang berbahaya dari sektor ini adalah pencemaran logam berat. 

Meskipun logam berat ada yang sifatnya essensial atau bersifat masih dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu, akan tetapi jika konsentrasinya melebih batas akan menyebabkan pencemaran pada lingkungan dan apabila terpapar pada manusia dapat menggangu kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

5. Limbah medis

Seperti namanya limbah medis adalah limbah yang berasal dari kegiatan rumah sakit. Contoh limbah medis adalah obat-obatan dan juga bahan-bahan kimia yang telah digunakan.

6.  Limbah pariwisata

Beberapa sumber menyatakan bahwa limbah pariwisata adalah limbah yang berasal dari kegiatan pariwisata, seperti emisi bahan bakar transportasi. Emosi gas buang kendaraan ini kita sebut dengan limbah gas, yang diantaranya dapat berdampak terhadap terjadinya hujan asam dan pemanasan global. 

Nah itu tadi beberapa contoh limbah berdasarkan dari mana sumber limbah tersebut berasal. Masih ada golongan lain yang tidak disebutkan yang kemungkinan kedepan akan kami tambahkan. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

  1. Berdasarkan sumbernya limbah bisa berasal dari industri dan domestik
  2. Sebutkan limbah berdasarkan sumbernya, jawab: limbah industri, domestik, pertanian, perikanan  dan limbah medis/rumah sakit. 
  3. Berdasarkan sumbernya air rembesan ac termasuk limbah perkantoran
  4. Limbah yang dihasilkan oleh pabrik tekstil didominasi oleh limbah cair zat warna
  5. Cara mengatasi pencemaran air limbah industri adalah dengan menggunakan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 
  6. Berdasarkan sumbernya limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga disebut limbah domestik
  7. Limbah domestik merupakan sisa proses produksi yang bersumber dari rumah tangga dan pemukiman
  8. Cara mengatasi pencemaran air limbah rumah tangga adalah dengan menggunakan IPAL komunal

Posting Komentar untuk "6 Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya"