6+ Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Klasifikasi Penggolongan Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya
Klasifikasi Jenis Limbah Berdasar Sumber

Limbah adalahhttps://pengertian.glosaria.com/2020/05/limbah.html bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan mempunyai nilai ekonomi yang negatif. Klasifikasi jenis limbah terdiri dari berbagai macam golongan. Salah satunya adalah penggolongan berdasarkan sumber darimana limbah itu berasal. Penggolongan ini merupakan penggolongan yang cangkupannya sangat banyak dan luas sehingga akan menghasilkaan banyak sekali jenisnya. Akantetapi dari beberapa textbook dan jurnal-jurnal, jenis yang masih banyak ini kemudian di kelompokkan kedalam beberapa kelompok. Beberapa kelompok tersebut akankita bahas di bawah ini.

Pengertian Limbah

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita review kembali tentang apa itu yang dimaksud dengan limbah. Limbah adalah bahan terbuang dari berbagai aktivitas manusia ataupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomi dan bahkan mempunyai nilai ekonomi yang negatif. Limbah umumnya didefinisikan sebagai bahan sisa proses produksi atau barang rusak atau cacat dalam proses produksi. Limbah juga identik dengan barang tak terpakai, dan tidak digunakan lagi. Setidaknya ada 3 poin pengertian limbah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI), yaitu:
  1. Limbah adalah sisa proses produksi;
  2. Limbah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian
  3. Limbah adalah barang rusak atau cacat dalam proses produksi.
Sebelum dibuang ke lingkungan, sebaiknya limbah harus pengelolaan dan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalaahan lingkungan dikemudian hari. Kualitas limbah erat kaitannya dengan kandungan bahan pencemar yang terkandung didalamnya.

Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

1. Limbah Domestik

Limbah domestik disebut juga dengan limbah rumah tangga dan limbah pemukiman. Limbah domestik atau limbah rumah tangga berasal dari air limbah kamar mandi, dapur, sabun, deterjen, minyak, air seni, dan kakus. Kandungan yang cukup berbahaya yang terkandung dalam limbah domestik atau rumah tangga ini adalah kandungan dari senyawa penyusun detergen, sabun, sampo dan sebagainya. Jenis ini relatif tidak lebih berbahaya daripada jenis dari industri.

2. Limbah Industri

Untuk limbah jenis ini, masih dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok lagi. Pembagian golongannya didasarkan pada jenis-jenis industrinya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam industri itu terdapat berbagai macam sektor. Maka, limbahnyapun bermacam-macam.

a. Limbah industri makanan

Merupakan limbah yang sumbernya dari industri yang bergerak di bidang makanan. Selain industri, usaha kecil jugatermasuk kedalam kelompok ini. Kandungan senyawa kimia yang biasanya terdapat pada limbah industri pangan antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, mineral maupun bahan-bahanyang digunakan pada proses produksi yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan bau tak sedap. Contoh air limbah tahu, limbah pengolahan ikan dan sebagainya.

b. Limbah industri kimia

Untuk jenis limbah ini, dari namanya saja mungkin kita sudah tau kalau limbahnya berupa senyawa-senyawa bahan kimia yang dapat berupa padatan, cair, ataupun gas.

c. Limbah industri pakaian

Dapat juga disebut dengan limbah industri textil. Limbahnya dapt berasal dari sisa pencucian, bahan pewarna pakaian atau zat warna, sisa-sisa kain tak terpakai dan sebagainya.

Diatas hanyalah beberapa contoh industri, Selain jenis-jenis yang disebutkan, masih ada beberapa lagi golongan seperti misalnya industri logam, barang elektronik, otomotif dan sebagainya.

3. Limbah pertanian

Ternyata pertanian juga termasuk kedalam salah satu sektor yang menghasilkan limbah. Sumber limbah pertanian bersal dari pemupukan dan penggunakan bahan-bahan pengendali hama atau pestisida yang kemudian juga dikenal dengan limbah pestisida. Pemupukan berlebih akan memberikan dampak negatif. Penggunaan obat-obatan pestisida juga dapat menimbulkan bioakumulasi pada produk pertanian.

4. Limbah pertambangan

Pertambangan beberapa waktu lalu sempat jadi bahasan karena isu kerusakan lingkungan, khususnya pertam,bangan batubara. Limbah dari golongan ini berasal dari kegiatan proses pertambangan. Salah satu jenis bahan pencemar yang berbahaya dari sektor ini adalah pencemaran logam berat. Meskipun logam berat ada yang sifatnya essensial atau masih atau dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlas tertentu, akantetapi jika konsentrasinya melebih batas akan menyebabkan pencemaran pada lingkungan dan apabila terpapar pada manusia dapat menggangu kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

5. Limbah medis

Seperti namanya limbah medis adalah limbah yang berasal dari kegiatan rumah sakit. Contoh limbah medis adalah obat-obatan dan juga bahan-bahan kimia yang telah digunakan.

6.  Limbah pariwisata

Beberapa sumber menyatakan bahwa limbah pariwiwisata adalah limbah yang berasal dari kegiatan pariwisata, seperti emisi bahan bakar transportasi.

Nah itu tadi beberapa contoh limbah berdasarkan sumber limbah berasal. Masih ada golongan lain yang tidak disebutkan yanag kemungkinan kedepan akan kami tambahkan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6+ Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel