Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggolongan Jenis Hewan Beserta Contohnya

Klasifikasi Penggolongan Macam Jenis Hewan dan Binatang
Klasifikasi Penggolongan Macam Jenis Hewan

Jenis-jenis hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis makanan, Ciri-ciri bentuk tubuh, cara gerak, cara berkembang biak, dan cara bernafasnya. 

Pengertian Hewan

Hewan atau dalam kamus besar bahasa indonesia disebut juga binatang adalah mahluk bernyawa yang mampu bergerak dan mampu bereaksi terhadap rangsangan, akan tetapi hewan tidak berakal budi. Jenis makhluk hidup ini (hewan/binatang) memiliki beberapa macam jenis dalam penggolongan/pengelompokannya. Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi penggolongan macam jenis hewan.

Penggolongan Jenis-jenis Hewan 

Berikut ini adalah beberapa contoh penggolongan hewan, antara lain yaitu:

Berdasarkan Tempat Hidupnya

Jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya terdiri dari 3 golongan, yaitu hewan darat, air, dan amfibi.

1. Hewan Darat

Hewan darat merupakan kelompok hewan yang tempat hidupnya berada di daratan. Contohnya antara lain: sapi, kerbau, kuda, anjing, dan kucing.

2. Hewan Air

Hewan air adalah kelompok hewan yang tempat hidupnya berada di air. Terdapat tiga jenis hewan air, yaitu hewan air tawar contohnya ikan lele dan ikan nila, hewan air laut contohnya ikan paus dan ikan hiu, dan hewan air payau yaitu campuran air laut dan air tawar contohnya adalah ikan bandeng.

3. Hewan Amfibi

Amfibi (bukan ampibi) adalah kelompok hewan yang hidup di dua tempat, yaitu di darat dan di air. Menurut kbbi, amfibi adalah binatang berdarah dingin yang dapat hidup di air dan di darat. Contoh hewan amfibi adalah katak.

Berdasarkan Jenis Makanannya

Jenis hewan berdasarkan makanannya terdiri dari tiga golongan, yaitu karnivora, herbivora, omnivora.

1. Karnivora (Pemakan Daging)

Karnivora atau dalam kbbi karnivor merupakan kelompok hewan pemakan daging. Contohnya kucing, serigala, dan anjing.

2. Herbivora (Pemakan Tumbuhan)

Herbivora atau dalam kbbi herbivor merupakan kelompok hewan pemakan tumbuh-tumbuan. Contohnya yaitu kerbau, kambing, kelinci, dan sapi.

3. Omnivora (Pemakan Semua)

Omnivora atau dalam kbbi omnivor merupakan hewan pemakan dua jenis makanan, yaitu pemakan daging dan tumbuhan. Contohnya itik, ayam.

Berdasarkan Ciri-ciri Tubuhnya

Jenis hewan berdasarkan ciri-ciri tubuhnya terdiri dari dua golongan, yaitu hewan bertulang belakang dan tak bertulang belakang.

1. Hewan Bertulang Belakang

Merupakan kelompok hewan yang mempunyai kerangka dalam tubuh. Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain ikan, amfibi, reptil, aves, mamalia.

2. Hewan Tak Bertulang Belakang

Merupakan kelompok hewan yang mempunyai kerangka luar tubuh. Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain serangga, udang-udangan (krustasea), kerang-kerangan (moluska).

Berdasarkan Penutup Tubuh

Jenis hewan berdasarkan penutup tubuhnya terbagi men jadi 4 golongan, yaitu bersisik, berambut, bercangkang, dan berbulu.

1. Hewan Bersisik

Merupakan kelompok hewan yang memiliki sisik pada tubuhnya. Contoh hewan bersisik yaitu  ular dan kadal.

2. Hewan Berambut

Merupakan kelompok hewan yang memiliki rambut dan menyelimuti tubuhnya. Contoh hewan berambut antara lain anjing dan kucing.

3. Hewan Bercangkang

Merupakan kelompok hewan yang memiliki cangkang sebagai pelindung tubuhnya. Contoh hewan bercangkang adalah keong, siput, kerang.

4. Hewan Berbulu

Merupakan kelompok hewan yang tubuhnya diselimuti bulu. Contohnya ayam dan burung.

Berdasarkan Cara Gerak

Jenis hewan berdasarkan cara geraknya terdiri dari beberapa golongan, yaitu hewan yang bergerak dengan cara berenang, terbang menggunakan sayap, melompat, melata.

Berdasarkan Cara Berkembang Biak

Jenis hewan berdasarkan cara berkembang biaknya terdiri dari tiga golongan, yaitu ovipar, vivipar, ovovivipar.

1. Ovipar

Ovipar adalah kelompok hewan yang berkembang biaknya dengan cara bertelur. Menurut KBBI, pengertian ovipar adalah jenis reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya. Contoh ovipar adalah ayam dan burung.

2. Vivipar

Vivipar adalah kelompok hewan yang berkembang biaknya dengan cara melahirkan. Dalam KBBI, arti vivipar adalah reproduksi (pengembangbiakan) pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan perkembangan janinnya mendapat makanan dari induknya. Contoh vivipar yaitu sapi dan kerbau.

3. Ovovivipar

Ovovivipar adalah kelompok hewan yang berkembang biaknya dengan cara bertelur dan melahirkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi ovovivipar (pengembangbiakan) adalah reproduksi (pengembangbiakan) yang dihasilkan dengan cara mengembangkan telur di dalam badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dari induknya. Contoh ovovivipar yaitu kadal.

Berdasarkan Cara Bernafas

Jenis hewan berdasarkan cara bernafasnya terdiri dari lima golongan, yaitu bernafas dengan insang (ikan), trakea (contoh:lebah), paru-paru (contoh:kucing), kulit (contoh:cacing tanah), dan bernafasdengan paru-paru dan kulit (contoh:katak).



Posting Komentar untuk "Penggolongan Jenis Hewan Beserta Contohnya"