Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif

Ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian akan banyak berhubungan dengan data-data. Data yang diperoleh dapat bersifat kualitatif ataupun bersifat kuantitatif. Apa itu data kualitatif dan kuantitatif? Mengapa keduanya berbeda? Apa perbedaan data kualitatif dan kuantitatif? Mari kita bahasa bersama.

Apa Itu Data?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu data. Definisi kata "data" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki dua pengertian, yaitu:
  1. Data adalah keterangan yang benar dan nyata.
  2. Data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan)

Pengertian Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan memiliki bentuk bukan berupa angka-angka. Menurut KBBI, data kualitatif adalah data tidak berbentuk angka yang diperoleh dari rekaman, pengamatan, wawancara, atau bahan tulis.

Pengertian Data Kuantitatif

Data Kuantitatif adalah data yang berupa angka-angka yang diperoleh lewat serangkaian pengukuran. Definiai data kuantitatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah data berbentuk angka yang diperoleh perhitungan data kualitatif.

Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif

Secara umum keduanya adalah sama, yaitu sama-sama data. Yang menjadi perbedaan antara data kualitatif dan data kuantitatif adalah pada angka-angka. Pada kuantitatif datanya berhubungan dengan angka-angka sedangkan pada kualitatif tidak berhubungan dengan angka.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Data Kualitatif dan Kuantitatif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel