Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya

Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya

Glosaria.com - Dalam suatu komunitas makhluk hidup terdapat interaksi antar organisme-organisme yang hidup didalamnya. Interaksi antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lainnya dapat terjadi melalui peristiwa saling makan memakan ataupun melalui bentuk hubungan hidup bersama. Hubungan yang terjadi antar makhluk hidup tersebut disebut dengan simbiosis.

Pengertian Simbiosis

Apa itu yang dimaksud dengan simbiosis?

"Simbiosis adalah interaksi antara dua individumakhluk hidup yang berbeda jenis dalam suatu komunitas yang dapat bersifat saling menguntungkan, hanya satu pihak yang mendapat keuntungan, dan satu pihak diuntungkan sedangkan yang lain dirugikan"

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, simbiosis memiliki dua arti:

  1. Di bidang kimia, simbiosis adalah keadaan yang menguntungkan pada pembentuk dua jenis zat, apabila kedua zat tersebut dapat bersama-sama dalam lingkungan serupa.
  2. Di bidang biologi, simbiosis artinya adalah keadaan hidup bersama secara erat antara dua organisme yang berbeda.

    Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya

Jenis-jenis Simbiosis

Ada 3 macam jenis simbiosis di bidang biologi, yaitu:

  1.  Simbiosis mutualisme
  2.  Simbiosis komensalisme
  3.  Simbiosis Parasistisme

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah salah satu jenis simbiosis dimana kedua belah pihak makhluk hidup yang berinteraksi sama-sama mendapatkan keuntungan. Jadi, kedua organisme mendapat keuntungan dari interaksi ini. Dalam interaksi ini dua organisme yang terlibat saling tergantung antara satu dengan yang lainnya. Contohnya hubungan yang terjadi antara lebah dan tanaman bunga adalah simbiosis mutualisme. Lebah mendapat nektar/madu dari bunga sedangkan bunga terbantu proses penyerbukannya.

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah salah satu jenis simbiosis dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan, sedangkan pihak yang lain tidak mendapat keuntungan ataupun tidak dirugikan. Contohnya antara lain tanaman paku yang menempel pada tumbuhan inangnya dan tanaman anggrek yang menempel pada batang pohon.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah salah satu jenis simbiosis dimana salah satu pihak diuntungkan (mendapatkan keuntungan) sedangkan pihak yang lain dirugikan. Contohnya yaitu kutu yang hidup di rambut manusia dan hewan berbulu seperti anjing, kucing.

Intisari

Simbiosis adalah interaksi antara dua organisme yang berbeda jenis dalam suatu komunitas. Ada beberapa jenis simbiosis, antara lain: mutualisme, komensalisme, parasitisme.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya"