Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEL: Pengertian, Jenis, Bagian-bagian, dan Contoh

Sel: Pengertian, Jenis, Bagian-bagian, dan Contoh

Pengertian

Sel adalah unit struktural dan fungsional organisme, yang  memiliki ukuran sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan bantuan alat mikroskop, dan merupakan  merupakan penyusun tubuh makhluk hidup. Sel adalah bagian terkecil yang menjadi tempat berlangsungnya aktivitas kehidupan suatu organisme hidup.  Organisme hidup terkecil terdiri dari sel tunggal. Bagian-bagian sel terdiri dari inti sel, membran plasma, ribosom dan sitoplasma. Ada berbagai macam jenis sel, yang bervariasi dalam ukuran, bentuk dan fungsi. Berdasarkan keberadaan membran inti, sel dibagi menjadi dua, yaitu sel prokariotik (prokaryotis) dan sel eukariotik (eukarytis).

Definisi SEL di KBBI

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, sel memiliki beberapa definisi, yaitu:

  1. Bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.
  2. Bilik kecil dan sempit (di penjara, biara, tempat perlindungan, dsb)
  3. Petak pada alat penghasil tenaga listrik dengan reaksi kimia, biasanya pada baterai; tempat yang memuat elektrolit yang dapat menghasilkan arus listrik atau digunakan dalam elektrolisis.


Bagian-bagian SEL

Setiap sel memiliki beberapa bagian yang menjadi penyusunnya. Bagian sel tersebut diantaranya yaitu:

1. Membran

Membran sel merupakan selaput tipis yang mengelilingi sel. Membran sel berfungsi mengangkut nutrien dan garam yang dibutuhkan kedalam sel, dan mengeluarkan produk buangan keluar. Membran sel disebut juga membran plasma tau membran sitoplasma.

2. Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian yang terdapat dalam sel yang menjadi tempat berlangsungnya reaksi enzimatis dari metabolisme sel. Di kbbi sitoplasma merupakan protoplasma suatu badan sel di luar nukleusnya.

3. Ribosom

Ribosom adalah granula kecil yang terdapat di dalam sitoplasma. Ribosom berfungsi mensintesa protein. Dalam setiap sel mengandung ribuan ribosom yang tereseebar di seluruh sitoplasma.

4. Inti sel

Inti sel atau bagian inti bagian dari sel yang menjadi tempat terjadinya replikasi senyawa genetik dan juga tempat penyimpanan dalam bentuk deoxyiribonucleic acid atau dna.

Jenis-jenis SEL

Terdapat berbagai macam jenis sel, yang bervariasi dalam ukuran, bentuk dan fungsi. Berdasarkan keberadaan membran inti, sel dibagi menjadi dua, yaitu sel prokariotik (prokaryotis) dan sel eukariotik (eukarytis). 

  1. Sel prokaryotis merupakan sel terkecil dan sederhana yang dikenal sebagai sel yang paling tua.
  2. Sel eukaryotis berukuran lebih besar dan lebih kompleks. Jenis sel ini ditemukan pada hewan, tanaman, dan fungi.


Intisari

Sel adalah unit struktural dan fungsional organisme, yang  memiliki ukuran sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan bantuan alat mikroskop, dan merupakan  merupakan penyusun tubuh makhluk hidup. Bagian-bagian sel terdiri dari inti sel, membran plasma, ribosom dan sitoplasma. Ada berbagai macam jenis sel, yang bervariasi dalam ukuran, bentuk dan fungsi. Berdasarkan keberadaan membran inti, sel dibagi menjadi dua, yaitu sel prokariotik (prokaryotis) dan sel eukariotik (eukarytis).


Posting Komentar untuk "SEL: Pengertian, Jenis, Bagian-bagian, dan Contoh"