Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatan Takson: Pengertian, Klasifikasi, dan Contohnya

Tingkatan Takson: Pengertian, Klasifikasi, dan Contohnya

Glosaria.com - Pada ilmu taksonomi, makhluk hidup diklasifikasikan menjadi 8 tingkatan takson, namun jika meniadakan takson domain maka hanya ada 7 tingkatan takson, yaitu kingdom atau regnum, phylum (filum) atau divisio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (ras/suku), genus (marga) dan spesies.  Takson tertinggi adalah domain sedangkan takson terendah adalah spesies atau jenis.

Pengertian Tingkatan Takson

Tingkatan takson adalah tingkatan unit atau kelompok makhluk hidup yang disusun mulai dari tingkat tertinggi hingga tingkat terendah. Tingkatan takson yang semakin tinggi berarti semakin banyak anggota takson, namun semakin banyak perbedaan karakteristik antar anggota takson. Berkebalikan dengan tingkatan takson yang semakin rendah berarti semakin sedikit anggota takson dan semakin banyak persamaan karakteristik antar anggota takson.

Klasifikasi Tingkatan Takson

Tingkatan takson diurutkan mulai dari tingkat tertinggi sampai tingkat terendah, yakni kingdom atau regnum, phylum atau divisio, classis, ordo, familia, genus, species, dan varietas.

1. Kingdom (Kerajaan) atau Regnum (Dunia)

Tingkatan takson tertinggi dengan jumlah anggota takson terbesar disebut dengan kingdom. Organisme di bumi diklasifikasikan menjadi beberapa kingdom, yaitu kingdom Animalia (hewan), kingdom Plantae (tumbuhan), kingdom Fungi (jamur), kingdom Monera (organisme uniseluler tanpa nukleus), dan kingdom Protista (eukariotik yang memiliki jaringan sederhana).

2. Phylum (Filum) atau Divisio (Divisi)

Filum digunakan untuk takson hewan, sedangkan divisi digunakan untuk takson tumbuhan. Kingdom Animalia dibagi menjadi beberapa filum, yaitu filum Chordata (memiliki notokorda saat embrio), filum Echinodermata (hewan berkulit duri), dan filum Platyhelminthes (cacing pipih). Nama divisi untuk tumbuhan menggunakan akhiran -phyta. Misalnya, kingdom Plantae dibagi menjadi tiga divisi, yaitu Bryophyta (tumbuhan lumut), Pteridophyta (tumbuhan paku), dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji).

3. Classis (Kelas)

Anggota takson pada setiap filum atau divisi dikelompokkan lagi berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu. Tumbuhan memiliki nama kelas menggunakan akhiran yang berbeda-beda. Tumbuhan berbiji tertutup memiliki nama kelas berakhiran -edoneae. Contohnya, divisi Angiospermae dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Monocotyledoneae dan kelas Dicotyledoneae. Tumbuhan lumut memiliki nama kelas berakhiran -opsida. Contohnya, divisi Bryophyta dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Anthoceratopsida (lumut tanduk), Bryopsida (lumut daun), dan Hepaticopsida (lumut hati), Divisi alga memiliki nama kelas berakhiran -phyceae. Contohnya, divisi Chrysophyta (ganggang keemasan) dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Bacillariophyceae, Chrysophyceae, dan Xanthophyceae.

4. Ordo (Bangsa)

Berdasarkan persamaan karakteristik yang lebih khusus, anggota takson pada setiap kelas dikelompokkan lagi menjadi beberapa ordo. Umumnya tumbuhan memiliki nama ordo menggunakan akhiran -ales. Contohnya, kelas Dicotyledoneae diklasifikasikan menjadi beberapa ordo, seperti ordo Asterales, Cucurbitales, Malvales, Poales, Rosales, dan Solonales

5. Familia (Famili/Suku)

Anggota takson setiap ordo diklasifikasikan lagi menjadi beberapa famili berdasarkan ciri-ciri tertentu. Nama famili pada tumbuhan menggunakan akhiran -aceae. Sebagai contoh famili Asteraceae, Cucurbitaceae, Poaceae, Rosaceae, Solonaceae. Nama famili pada hewan menggunakan akhiran -idea, seperti Canidae (anjing), Felidae (kucing), dan Homonidae (manusia).

6. Genus (Marga)

Berdasarkan persamaan ciri-cirinya, anggota takson setiap famili dibagi menjadi beberapa genus. Penulisan nama genus menggunakan huruf besar pada kata pertama dan dicetak miring atau digarisbawahi. Famili Poaceae terdiri atas genus Zea (jagung), Saccharum (tebu), Triticum (gandum), dan Oryza (padi-padian).

7. Species (Spesies/Jenis)

Tingkatan takson terendah atau yang paling dasar disebut dengan spesies. Anggota takson spesies memiliki paling banyak persamaan ciri. Organisme dari takson spesies dapat menghasilkan keturunan yang fertile (subur) saat melakukan perkawinan. Penamaan spesies terdiri dari dua kata dimana kata pertama menunjukkan nama genusnya dan kata kedua menunjukkan nama khususnya. Pada genus Rosa terbagi menjadi beberapa spesies, yakni Rosa alba, Rosa canina, Rosa dumalis, Rosa gigantea, Rosa multiflora, dan Rosa rugosa.

8. Varietas (Kulivar) atau Ras

Varietas atau ras merupakan perbedaan ciri khusus yang terdapat pada organisme-organisme dalam satu spesies. Pada spesies tumbuhan menggunakan istilah varietas dan kultivar. Sedangkan pada hewan menggunakan istilah ras.

Varietas secara botani merupakan populasi tanaman dalam satu spesies yang menunjukkan perbedaan ciri yang jelas. Penulisan varietas secara botani didahului dengan singkatan var dan nama varietas dicetak miring atau digarisbawahi. Misalnya, Oryza sativa var indica (padi) dan Zea mays L. var tunicate (jagung).

Varietas secara agronomi atau disebut juga kultivar merupakan kelompok tanaman yang memiliki satu atau lebih ciri khas yang dapat dibedakan secara jelas. Penulisan kultivar dengan memberi tanda petik dan tidak dicetak miring. Kultivar pada spesies Rosa alba, yaitu Rosa alba ‘Amelie’, Rosa alba ‘Blush hip’, Rosa alba ‘Celestial’, Rosa alba ‘Chloris’, Rosa alba ‘Mormors rose’, dan Rosa alba ‘Suaveolens’.

Contoh Tingkatan Takson

Berikut ini contoh tingkatan takson pada hewan dan tingkatan takson pada tumbuhan.

Tingkatan takson

Nama organisme

Manusia

Harimau

Kucing

Kingdom

Animalia

Animalia

Animalia

Filum

Chordata

Chordata

Chordata

Subfilum

Vertebrata

Vertebrata

Vertebrata

Kelas

Mammalia

Mammalia

Mammalia

Ordo

Primata

Carnivora

Carnivora

Famili

Homonidae

Felidae

Felidae

Genus

Homo

Panthera

Felis

Spesies

Homo sapiens

Panthera tigris

Felis catus

 

Tingkatan takson

Nama organisme

Jagung

Tomat

Mawar

Kingdom

Plantae

Plantae

Plantae

Filum

Magnoliophyta

(Angiospermae)

Magnoliophyta

(Angiospermae)

Magnoliophyta

(Angiospermae)

Kelas

Liliopsida

(Monocotyledoneae)

Magnoliopsida

(Dicotyledoneae)

Magnoliopsida

(Dicotyledoneae)

Ordo

Poales

Solanales

Rosales

Famili

Poaceae

Solanaceae

Rosaceae

Genus

Zea

Solanum

Rosa

Spesies

Zea mays

Solanum

lycopersicum

Rosa multflora


Posting Komentar untuk "Tingkatan Takson: Pengertian, Klasifikasi, dan Contohnya"