Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aplikasi CMS Untuk WEB dan Blog


Glosaria.com - Aplikasi CMS (content management system) banyak dimanfaatkan untuk membangun sebuah website perusahaan, toko online, forum, landing page atau hanya sekedar untuk blogging biasa. Salah satu CMS yang paling mudah digunakan dan paling banyak dimanfaatkan untuk blogger adalah CMS Wordpress. Selain software ini gratis dan mudah digunakan, banyak sekali pilihan template dan selalu update secara berkala. 

Pengertian CMS

CMS (Content Management System) merupakan sebuah perangkat lunak (software web) yang fungsinya untuk memudahkan dalam mengelola konten dalam sebuah website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman. CMS sangat memudahkan bagi pemula atau orang awam karena dapat membuat sebuah website yang sudah jadi dan tinggal mengelola web tersebut. Pada Content Management System, pengelola file-file sangat tertata rapi, dan setiap elemen antara isi dan tampilan desainnya terpisah. Jadi, jika ingin membuat berbagai macam web seperti website bisnis, perusahaan, organisasi atau komunitas, portal, galeri foto,e-commerce / toko online, blog, dan lain-lain, Anda dapat menggunakan CMS ini.

Macam-macam CMS

Seiring perkembangan zaman CMS berkembang dengan pesat. Terdapat berbagai macam jenis CMS dan jumlah ini akan terus bertambah. Beberapa aplikasi CMS yangs ering digunakan adalah WordPress, CMS Joomla, CMS Drupal, Aura CMS, CMS Opencart, CMS Moodle. Selain itu, ada juga october cms dan whatcms yang sedang naik daun.

1. CMS WordPress

CMS WordPress adalah salah satu yang tergolong sebagai CMS jenis blog, tetapi tidak sedikit developer yang menggunakan Wordpress untuk membuat sebuah website. Bahasa pemrograman PHP dan pangkalan data My SQL yang keduanya sama-sama bersifat open source, di pakai pada CMS ini. Wordpress di kembangkan oleh Matthew Charles Mullenweg. Fitur dan layanan yang di tawarkan WordPress ini cukup banyak. Kemudahan dalam pemakaiannya membuat wordpress ini memiliki banyak pengguna dari berbagai komunitas yang sudah menyebar luas. Selain itu, wordpress terus mengalami update secara berkala.

2. CMS Joomla

CMS Joomla merupakan CMS yang dipakai untuk membuat sebuah website pribadi, web sekolah, profil perusahaan hingga toko online. Joomla sering digunakan untuk membuat website yang powerfull, namun sistemnya lebih kompleks dari WordPress dan sistem manajemennya sedikit lebih rumit. CMS Joomla diluncurkan pada tahun 2005 dan di kembangkan oleh Pengembang Inti Mambo.

3. CMS Drupal

DRUPAL dapat kita gunakan untuk membuat berbagai jenis web dari membuat blog sederhana sampai dengan forum online dengan komunitas yang besar. Drupal ini di ciptakan oleh Dries Buytaert. Jika dibandingkan dengan wordpress dan joomla, drupal memiliki kelebihan beberapa fitur tambahan yang cukup menarik, seperti search tool dan search engine friendly URL, dan aggregator berita.

4. Aura CMS

Aura CMS adalah yang di kembangkan oleh Rumi Ridwan, CMS buatan anak Indonesia, akan tetapi masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan CMS yang lain. Jika kita bisa mengembangkan dengan baik maka hasilnya akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini. Aura dapat di gunakan untuk membuat website perusahaan, portal, galeri foto, e-commerce. Meskipun dapat dikatakan sebagai karya putra bangsa, namun aura masih kalah penggunanya jika dibandingkan dengan wordpress dan joomla.

5. CMS Opencart

Opencart ini di kembangkan oleh Christopher G. Mann tahun 1998, dan rilis untuk publik pertama kali pada 11 Mei 1999. Opencart dikhususkan untuk membuat sebuah toko online. Berbagai developer maupun personal sudah banyak menggunakan CMS ini dalam membangun toko online. Kelebihan opencart adalah karena fiturnya yang cukup lengkap, karena memang dikhususkan untuk toko online. Kekurangan dari opencart ini adalah kekurangan dari sisi SEO, akan tetapi untuk manajemen kontennya cukup mudah.

6. CMS Moodle

Moodle dibuat oleh Martin Dougiamas dan biasa digunakan untuk membuat aplikasi e-learning yang sering dipakai oleh instansi sekolah. Fitur e-learning dari Moodle ini sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dan fitur lainnya. Karena peruntukannya, moodle memiliki manajemen yang sedikit rumit dan memerlukan pemahaman tentang cara penggunaannya.


Penulis: Risky / Editor: raputradika

Posting Komentar untuk "Mengenal Aplikasi CMS Untuk WEB dan Blog"